Wednesday, August 19, 2009

Tuna Asem Manis Gurih



Sebelumnya makasi banget buat mba Lia, mommy nya Kheyn di milis MPASIrumahan yang udah share resep Gindara masak yogurt. Ternyata dengan direndam yogurt, tekstur ikan jadi lembut yah. Tuna aja jadi nggak terlalu berserat dan bikin seret hehe.

Resep aslinya ini:
- 500 gr ikan gindara fillet (saya ganti tuna)
- 100 ml yogurt tawar
- 2 siung bawang putih haluskan
- 1 sdt peterseli cincang (saya ganti seledri)
- paprika merah cincang (saya ngga pake)
- 1 sdm air jeruk lemon (saya pake jeruk nipis)
- 1 sdt garam (saya cuma pake sejumput)
-
0.5 sdt gula (saya nggak pake)

cara membuat:
lumuri ikan dengan bawang putih, air lemon, garam, gula dan yogurt.
diamkan dalam lemari es selama 15 menit.
siapkan wajan anti lengket, panaskan dan panggang ikan hingga matang. Angkat.
taburi dengan peterseli cincang dan paprika merah cincang.
sajikan hangat.

Nah kalau saya, saya tambahin dengan dressing, buat dicolek-colek. Bahannya sbb:
- 1 sdm cream cooking
- 2 sdm susu UHT
- 1 sdm keju cheddar parut
- sedikit merica
- 1 sdt raisin cincang

caranya: semua bahan diatas dicampur dan dipanaskan. Nggak usah terlalu panas yang penting kejunya lumer aja.

Hasilnya enak, ada gurih dan manis dari si raisin. Bodhi yang biasanya males-malesan kalo makan tuna, jadinya lahaaaap dan makan tunanya banyaaaak. Duh senengnya.....

4 comments:

d e p e z a h r i a l said...

assssssikkk.. ada tuna nganggur dan yogurt berlimpah dilemari es! sayuran juga lagi akur banget. Bikin juga ahhh :-)

Luh Ayu said...

iya enak nih Dep...tunanya jadi lembuuut, mungkin efek direndem yogurt yak.

Rara said...

aku nyoba jugaaa ya.. ijin copas resep buat di blog ^_^

Luh Ayu said...

silahkeuuun semoga memuaskan :D