Tuesday, March 18, 2008

Mencukur Rambut Bayi

Pas usia 4 bulan kemarin, yaitu 17 Maret 2008, baby Bodhi digundulin :P Dipilihnya tgl 17 karena biar gampang diingat aja, bahwa pas usia 4 bulan dia digundul pertama kali.

Berbekal tips dari majalah Mother and Baby, maka dimulailah proses mencukur rambutnya. Iya pertama kali memang mesti dicukur sependek mungkin, setelah itu barulah dicukur habis dengan pisau cukur biar licin tandas hehehe.

Nah alat-alat yang dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Baskom berisi air hangat

2. Gunting rambut

3. Pisau cukur yang masih baru

4. Cairan antiseptic (kalau-kalau luka), tapi untuk bodhi Cuma saya siapkan kapas dan air hangat

5. Handuk dan lap bersih.

6. Sikat rambut bayi (ini ditambahin sendiri karena berguna untuk membersihkan sisa-sisa rambut)

Sebelum mencukur sebaiknya rambut bayi dikeramasi dulu, jika seandainya terjadi luka akan meminimalkan reaksi infeksi. Tidurkan bayi dalam gendongan dengan posisi kepala di atas siku kita, recommended banget nih. Jangan mencukur saat dia terbangun, terlalu beresiko terluka karena dia akan banyak gerak. Kemudian usap rambutnya dengan kapas basah untuk melembabkab sehungga gampang dicukur. Gunting sependek mungkin rambutnya engan gunting cukur, setelah itu barulah gunakan pisau cukur untuk membersihkan sisa rambutnya. Dalam tahap ini kemungkinan besar kita memerlukan bantuan orang lain untuk menggendong bayi kita karena kita perlu meregangkan lipatan kulit kepala dengan jari telunjuk dan jari tengah, baru kemudian mencukurnya. Lakukan pelan-pelan ya, jangan kejar target, karena seperti pengalaman saya perlu beberapa tahap sampai kulit kepalanya bersih. Pelan-pelan aja daripada baby kita terluka. Oh ya setiap kali mencukur dan pisau cukur terasa sudah penuh rambut, rendam dan goyangkan dalam baskom berisi air hangat tadi sampai bersih kemudian keringkan dengan lap.

Seandainya terjadi luka kata si mother and baby sih jangan panik, keringkan kulit kepala bayi jika masih basah lalu oleskan cairan antiseptic dengan cotton bud. Tapi syukur proses cukuran bodhi kemarin itu lancar dan bebas luka. Pokoknya kita mesti PeDe, pasti sukses walaupun merupakan pengalaman pertama kalinya.

Oh ya mungkin ada yang bertanya, perlu ga sih bayi digundulin. Hmmm itu sih terserah mommy nya masing-masing yah. Kalo saya sih mempertimbangkan alas an medis, yaitu rambut bayi perlu dicukur untuk membersihkan lemak di kepala yang berasal dari saat di dalam rahim ibu. Selain itu pengen tahu rambut aslinya juga hihihi, mudah-mudahan lebih indah dari rambut ibunya yang bergelombang tak jelas ini hihihihi.

No comments: