Sunday, March 9, 2008

Yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan anak.

Dibuang sayang. Dikliping juga makan tempat dan sering tercecer. So, disimpen di blog aja. Siapa tahu berguna juga buat orang tua lainnya.

*diambil dari fitur klasika Kompas, minggu 9 maret 2008.

Yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan anak.

Si Putri kok cerdas dan pintar ya? Si Badu kok agak lambat dan nggak maju-maju ya pelajarannya? Si Putra kok tanggap sekali ya? Dan banyak kok lainnya.

Seringkali hal tersebut dilontarkan oleh orang tua yang kurang puas dengan kondisi dan kepintaran yang dimiliki oleh putra putri mereka. Padahal disadari atau tidak, orang tua sebenarnya memiliki peran yang cukup besar untuk mengembangkan kecerdasan anak. Bahkan boleh dibilang orang tua merupakan guru perdana bagi mereka.

Seorang anak adalah peniru ulung orang tuanya. Semua kegiatan dan kebiasaan-baik atau buruk- bisa mereka tiru dengan mudahnya. Jadi jangan terburu menyalahkan anak bila mereka melakukan sesuatu yang kurang berkenan. Bisa jadi, mereka hanya meniru tingkah polah kedua orang tuanya.

Kecerdasan pada dasarnya bisa dibedakan menjadi dua, yaitu kecerdasan mental dan dan intelektual. Peran orang tua untuk mengembangkan kecerdasan anak pun cukup besar. Untuk mengembangkan kecerdasan mental ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua, yaitu antara lain:

  1. Menyediakan waktu luang, baik untuk bermain atau sekedar menemani kegiatan mereka sehari-hari, sebanyak mungkin. Anak-anak bukan hanya membutuhkan kualitas pertemuan, namun juga kuantitas pertemuan.
  2. Menyediakan mainan yang bisa menarik perhatiannya. Ada baiknya jika orangtua menyediakan permainan edukatif yang berguna untuk perkembangan kecerdasannya.
  3. Sesering mungkin bicara dan memujinya. Dengan memuji mereka, anak akan merasa dihargai dan tertantang untuk mlakukan perbuatan yang lebih baik.
  4. Melatih imajinasi dengan membacakan cerita.
  5. Sebanyak mungkin anak diberi kesempatan meraba,memegang dan menyelidiki sekitarnya.

Sementara untuk mengasah dan mengembangkan kecerdasan intelektualnya, hal-hal yang dapat dilakukan orang tua antara lain adalah:

  1. Membaca sambil bermain
  2. Sebanyak mungkin menyediakan buku-buku bagi mereka agar mereka tegerak untuk suka membaca.
  3. Sesering mungkin mengunjungi toko buku atau perpustakaan untuk memancing minat baca mereka.
  4. Memanfaatkan rasa ingin tahu anak.

1 comment:

Anonymous said...

Tips yang bagus...

Laen kali kalo nemu tips yang bagus lagi, posting disini lagi yah...