Friday, March 14, 2008

Susu Formula Memang Tidak Steril

Penemuan para peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengenai adanya Enterobacter SAkazakii dalam susu formula anak-anak dan bubur bayi cukup menghebohkan masyarakat. Temuan ilmiah berharga ini ternyata disikapi secara tidak etis dan tidak profesional oleh pejabat Departemen Kesehatan.

Sebenarnya hasil penemuan itu tidaklah mengejutkan karena United States Food and Drug Administration (USFDA) telah melansir penemuan prevalensi kontaminasi di sebuah negara terhadap 141 susu formula dan didapati 20 (14%) kultur positive E SAkazakii. Dari berbagai penelitian sebenarnya WHO,USFDA,dan beberapa negara maju lainnya menetapkan susu bubuk formula bayi bukanlah produk komersialyang steril. Susu formula cair yang siap saji dianggap sebagai produk komersial yang lebih streril karena melalui proses pemanasan yangh cukup.

Untuk tulisan lebih lengkapnya, tunggu yah saya cari dulu dari Kompas online :)
Capek euy ngetiknya karena saya ambilnya dari Kompas cetak. Pokoknya kita harus bijak deh, jangan terlalu lengah jangan juga terlalu panik dengan kejadian ini, lebih baik ditelusuri dan cari info sebanyak-banyaknya. Kalau dari pemerintah kita nggak beres infonya, cari info dari negara lain yang lebih concern dengan kesehatan rakyatnya. Kan ada internet.... hehehehe. Dan pokoknya untuk bayi kita yang terbaik adalah ASI, jadi nggak usah ikut-ikutan mumet kan, tapi tetep ikut prihatin dan mencari solusi terbaik.

No comments: