Sunday, March 9, 2008

PIJAT BAYI – Bodhi sukaaa sekali

Buku mengenai pijat bayi sudah saya beli sejak masih hamil, setelah ikut seminar breastfeeding di RSIA Puri Bunda Denpasar. Disebutkan manfaat pijat bayi, selain untuk meningkatkan nafsu makan bayi, menguatkan ikatan antar ibu dan bayi, meningkatkan kualitas tidur bayi (dan secara tidak langsung kualitas tidur ibunya ya :P), juga untuk meningkatkan produksi ASI. Karena sering ditemukan saat si ibu memijat bayinya, ASI nya pun turut menetes deras. Wow…ajaib ya.

Setelah Bodhi lahir dipraktekkanlah semuanya yang selama ini Cuma diketahui secara teori. Oh ya saya memakai metode yang dipakai oleh ibu dr.Utami Rusli yang pakar laktasi dan habis-habisan memperjuangkan inisiasi menyusui dini (beliau ini mertuanya Tiara Lestari lho, hehehe intermezzo aja). Dari pertama dipijat, Bodhi sudah enjoy banget dan sepertinya senang. Terbukti sepanjang dipijat dia tak lepas-lepas memandangi wajah mamanya sambil tersenyum-senyum. Dan sampai sekarangpun setiap kali saya ijin akan memijatnya, dia akan memandangi wajah saya (yang itu artinya dia bersedia dan sedang mood dipijat), dan begitu hitungan satu, dua, tiga sampai enam terdengar dia akan melonjak-lonjakkan badannya sambil terkekeh-kekeh tertawa. Kaki mungilnya diangkat-angkat. Pokoknya kita have fun melewati massage moment itu. What a wonderful moment. Kalau bosan dengan hitungan satu dua tiga yang datar saja, maka saya akan bernyanyi nyanyi sesuka saya, dan Bodhi tetap suka hihihihi.

Apa dong hasilnya? Selain bisa hahahihi dengan my baby, di hari pertama pijat dia sampe ketiduran di bak mandinya hihihi. Selanjutnya sih nggak begitu lagi, tapi dia relative tidur lebih nyenyak di siang hari. Apalagi di malam hari, bangun Cuma dua kali untuk menyusui kalo udah kenyang ya bobok lagi dengan lelapnya. Jadi si mama dan papa juga bisa tidur nyenyak ya sampe pagi karena ga perlu terlalu sering bangun.

Jadi untuk moms yang lain yang belum mencoba atau ragu-ragu akan manfaat pijat bayi, dihapus deh keraguannya dan segera dimulai pijat bayinya. Pasti menyenangkan, dijamin J

No comments: