Monday, March 17, 2008

Bayi tidur pakai bantal, perlu nggak sih?

Saat mempersiapkan kelahiran bayi, apalagi yang pertama, saat ngubek-ngubek toko perlengkapan bayi bisa dipastikan bantal bayi (untuk kepala dan guling) ada di sana. Biasanya bantal kepala bayi itu ada lubang atau cekungan di bagian tengahnya. Katanya sih bertujuan untuk mencegah kepala bayi tidak peyang (bentuknya tidak bundar indah sesuai harapan hehehehe).
Sayapun membelinya sebagai perlengkapan standard sebelum kelahiran buah hati kami. Dan ternyata saat melahirkan Bodhi dapat 2 set kado lagi yang berupa bantal dan guling bayi. Nggak apa double kan bisa jadi cadangan kalau yang satu nya di cuci atau di jemur.
Sampai satu bulanan lebih Bodhi menggunakan bantal bayi itu meskipun sudah keliatan kalau dia tidak suka atau mungkin tidak nyaman ya. Karena kepalanya sering digerak-gerakkan kiri kanan dan kemudian saat dia makin besar kira-kira satu setengah bulanan, yaitu saat dia mulai bisa menggerak-gerakkan bahunya dengan lebih kuat, kejadiannya adalah saya mendapati Bodhi sudah tidak pakai bantal. Mungkin karena Bodhi ndut yah, lehernya berlipat-lipat sehingga memakai bantal malah menyusahkan dia bernafas. Dan sesungguhnya untuk saya sendiri bantal bayi itu menyulitkan saat menyusui dengan posisi tidur (ini saya sadari setelah Bodhi tidak pakai bantal bayi lagi).
Nah daripada pake bantal tapi keliatannya bayi saya nggak nyaman, ketika Bodhi berusia tiga bulan (sekarang dia sudah 4 bulan tgl 17 maret kemarin) saya lepas sepenuhnya bantal bayi itu. Saya hanya menggunakan kain bedongnya yang dilipat-lipat sehingga berbentuk persegi panjang untuk alas kepalanya. Nggak diduga hasilnya malah bagus banget. Bukan untuk bentuk kepala ya, karena kepala bayi kan masih bisa berubah-ubah lagi bentuknya. Tapi lebih ke kenyamanan tidur nya. Dia jadi jarang kaget saat tidur, makin pulessss. Dan berefek juga ke kegiatan menyusui, jika sebelumnya saya memerlukan paling sedikit 2 bantal untuk kepala, satu guling untuk menyangga punggung saya dan satu guling bayi untuk menyangga badan Bodhi, maka sekarang saya cukup pakai satu bantal kepala, guling pun hanya kadang2 dipakai kalau saya sudah terlalu mengantuk untuk menahan badan (takut terguling kalo nggak diganjal, hehehehe).
Nah seperti biasa juga, setiap hal baru selalu saya cari info-info nya di internet dan dari hasil browsing ternyata pemakaian bantal bayi sebenarnya tidak lah diperlukan. Kalau untuk alasan kepala peyang itu tidak ada bukti sama sekali, karena justru dengan tidak memakai bantal perkembangan kepala bayi lebih bagus dan secara bentuk juga lebih mendekati bulat sempurna. Itu menurut pengalaman ibu-ibu yang nulis di blog mereka atau berdiskusi di milis. Selain itu juga untuk keamanan bagi bayi yang banyak gerak seperti Bodhi, kalau balik dari tengkurap misalnya trus ketemunya bantal bisa sesak napas (amit-amit). Dan juga ternyata ada dokter yang tidak menyarankan pemakaian bantal sampai umur 1 tahun.
So, pake bantal bolong untuk mencegah kepala peyang sepertinya masih cuma mitos ya.

3 comments:

Azzah said...

nawgal gak pernah pake bantal mbak, lha dipakein yg bolong jg mlorot terus, akhirna dikasih alas saja deh sama popok lorek itu, eh kepala kana peyang juga :), dari sononya sih :). tapi lama2 hilang kok peyangnya :D

Luh Ayu said...

iya, bodhi juga sama ga suka banget pake bantal. napa yaaa

Anonymous said...

kalau orang dewasa butuh bantal gak sih?