Monday, April 30, 2012

Nasi Tim Ayam Tahu


Berikut ini, cieeh bahasanya, resep nasi tim ayam tahu ala saya. Resep nasi tim ayam banyak banget di internet, jadi resep ini juga sebenarnya nggak jauh berbeda dengan yang sudah ada, hanya saya buat lebih sederhana secara bahan dan proses pembuatan.
Mari disimak, jika ingin menyimak :D
Eh iya, kalaupun kelihatan panjang resepnya, tapi bikinnya nggak seribet yang dibayangkan kok. Sayapun sebelumnya malas mencoba nasi tim karena kalau melihat resep kok rasanya banyak sekali prosesnya. Saya kan tipe kalo masak gak boleh lebih dari sejam termasuk persiapan, kalo lebih dari itu namanya ngeberantakin dapur :P

Kaldu Ayam
Bahannya:
100gr tulang dari dada ayam
500ml air matang

Prosesnya:
rebus sebentar tulang ayam untuk membersihkan kotoran dari ayam (biasanya keluar coklat-coklat, mungkin dari darah dll). sebentar saja, lalu buang air rebusan pertama itu. Selanjutnya barulah tulang dimasak lagi, sampai mendidih. Biarkan beberapa saat, sampai keluar minyak-minyak dari ayam, baru matikan api kompor.
Ini metode saya membuat kaldu ayam, kalau ada koreksi, silakan lho ya. Atau mungkin ada yang punya metode yang lebih enak. Senang sekali kalau saya dikasi tahu :)

Nasi tim
Bahannya:
Nasi putih 2 centong nasi 
nah penghematan waktunya menurut saya ada di proses ini. Jadi bukan dari mengaron beras. Jadi saya pakai nasi bukan beras.
200ml kaldu ayam
1 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdm minyak wijen untuk menumis
1 siung bawang putih, dicincang
1cm jahe digeprak atau diiris halus
1sdt kecap asin (saya pakai kikk*m*n, kalo kecap asin yang biasa, umumnya mengandung MSG)
garam secukupnya.

Prosesnya:
panaskan minyak goreng+minyak wijen, lalu tumis bawang putih dan jahe sampai harum.
Lalu masukkan nasi
tambahkan kecap asin, garam dan diaduk sebentar sampai tercampur rata
Tambahkan kaldu ayam, masak hingga air kaldu meresap ke nasi.
Karena pakai nasi dan bukan beras, jadi tidak memakan waktu lama.

Ayam Tumis
Bahannya:
150gr daging dari dada ayam, potong dadu
1 buah tahu putih (nasi tim biasanya pakai jamur kancing ya, tapi kalau nggak punya, diganti tahu putih ini juga enak lho)
1sdm minyak goreng untuk menumis
1sdm minyak wijen untuk menumis
1 siung bawang putih cincang halus
1sdm bawang bombay, cincang kasar
1 cm jahe, digeprak
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
sedikit garam
100ml kaldu ayam
1 sdm tepung maizena, diencerkan dengan air dingin

Prosesnya:
panaskan minyak goreng+minyak wijen
tumis bawang putih,bawang bombay dan jahe sampai wangi
lalu masukkan daging ayam, tumis sampai berubah warna
tambahkan tahu, garam, kecap asin, kecap manis, aduk rata
lalu tuang larutan maizena. Aduk hingga mengental dan ayam sudah matang.

Penyelesaian:
Siapkan wadah tahan panas.
Masukkan tumisan ayam di dasar wadah, lalu tambahkan nasi tim sampai wadah penuh.
Lalu kukus sampai nasi menjadi empuk dan aroma wangi menyebar :)
Setelah matang, keluarkan nasi tim dari wadah. Sajikan dengan tambahan irisan daun bawang (atau kalau punya bawang goreng pasti lebih enak ya,  tapi anak-anak saya nggak suka bawang goreng :D ) plusss kuah kaldu.
Untuk kuahnya ini saya pakai kaldu yang tersisa, saya saring lalu panaskan bersama seiris tipis jahe. Kalau mau tambah garam lagi, silakan. Tambahkan juga irisan daun bawang di kaldu.
Nah sebagai bekal sekolah, saya tambahkan juga telur puyuh supaya lucu :D
Dan menurut Bodhi, namanya Nasi Angry bird's nest.

2 comments:

Anonymous said...

kayanya enak nih, alden doyan nasi tim pula, bikin ah wiken ini :)

Luh Ayu said...

kalo sudah bikin, mohon reviewnya, apa yang mesti ditambah dan dkurang :D