Saturday, April 21, 2012

Racial Harmony Day Bento


Saya merasa mendapat kehormatan deh sewaktu diminta menyiapkan bento untuk display di Japan Room saat acara Racial Harmony hari ini di sekolah Bodhi. Oh ya selain bento saya juga bikin sushi (sushi-sushi-an sih tepatnya. lha cuma pake isian timun dan crab stick. berasnya pun bukan beras jepang, hanya nasi putih biasa dicampur rice vinegar dan gula pasir. soalnya beras jepang mahal bo'. trus hanya pake kecap khusus sushi botolan tanpa irisan jahe merah dan wasabi.)

Soal isian menu bentonya, saya nggak terlalu mau ribet, walaupun banyak yang pengen saya isi #ah gaya banget# tapi malah jadinya kok aneh ya kalo keramean, akhirnya terpilih chicken katsu (pake resep dari buku pak wied, yang sudah pasti selalu ringkas bahannya tapi sejuta rasanya), untuk sayuran saya pakai acar timun dan wortel (lagi-lagi simple bikinnya, hanya campur air jeruk nipis dan gula pasir). Trus tiba-tiba kepikir pengen ditambahin keju bentuk dolphin sebagai aksesoris. Kan sekolah Bodhi logonya dolphin. Nah, nasinya pengennya warna biru, hehe tapi kepepet nggak sempet nyoba-nyoba bahan makanan apa yang bisa dicampur supaya menghasilkan warna biru. Akhirnya dipilih sepupunya biru, yaitu ungu, pake puree ubi ungu. Dan pelengkap lainnya supaya warnanya rame aja, pake wortel mickey mouse dan jagung manis. Mickey nya sih pakai vegetable cutter, jadi gampang dan cepat. Kalau dolphinnya, berhubung gak punya cetakannya, saya cari pola dolphin di google image trus print dan gunting lalu dijiplak di keju cheddar slice. Gampang kan? Cuma mesti pelan-pelan aja, biar hasilnya rapih. Dan saya sih cukup puas dengan hasil jiplakan ini, lucu! 

Gampang ya? Makanya pas ditanya, waaah bangun jam berapa tadi pagi nyiapin ini? Errr bangun seperti biasa lah, kan chicken katsunya bisa disiapkan semalam sebelumnya, jadi besok pagi-nya tinggal goreng. Dan yang lain2 sih nggak ribet-ribet banget ya, apalagi yang wortel tinggal cetak, acar nya tinggal serut hehe. Tapi ini belum seberapa sih memang tingkat kerumitan bentonya, jadi saya bisa ngomong begitu. Tapi yang paling bikin saya seneng ya tentu aja, kehebohan si duo kecil di rumah ngeliat ada dolphin 'berenang' di lautan ungu. Priceless!!

1 comment:

Anonymous said...

dolphinnya bagus mbak :)