Wednesday, March 14, 2012

Yuk Mengunyah!


Sewaktu ikut workshop masak makanan enak sehat 'alami' bersama pak Wied Harry tempo hari, beliau sempat menyinggung masalah emosional orang-orang khususnya anak-anak jaman sekarang yang cenderung meletup-letup tidak sabaran. Ternyata itu ada hubungannya dengan pola makan dan gaya hidup orang jaman sekarang yang mauya serba praktis instant tapi enak di lidah dan seringkali melupakan bahwa makan itu bukan sekedar memuaskan lidah memanjakan rasa. Instant. maunya serba cepat dan praktis, alasannya sibuk nggak banyak waktu. Padahal makanan sehat dan slow food itu nggak mesti ribet lho, kita sendiri aja yang sering bikin ribet, dikarenakan lidah yang sudah termanjakan dengan cita rasa yang kita namakan enak. Padahal enak itu relatif ya. Dan sesungguhnya tidak ada standar rasa enak yang baku. Jadi kalau mau enak, ubah aja settingan standard enak di otak kita.
Kembali ke masalah emosional. Ternyata kebiasaan kita mengunyah makanan sampai lembut, tidak tergesa-gesa menelannya itu berhubungan dengan saraf-saraf di wajah dan berhubungan dengan otak yang mengatur emosional manusia. Pun kebiasaan makan-makanan yang cukup keras, yang bertekstur, yang memerlukan proses mengunyah lebih lama juga berpengaruh. Dicontohkan bahwa orang sekarang lebih senang makan semangka tanpa biji dibanding yang berbiji banyak, dengan alasan repot dan nggak nikmat makannya. Padahal saat kita memisahkan biji-biji semangka dari daging buahnya dengan lidah kita menggerak-gerakkan rahang dan berkaitan dengan pengelolaan stress dan emosi, sekaligus sama dengan senam wajah yang ehm bikin kita terhindar dari kerutan yang belum saatnya timbul di wajah. Dengan kata lain bikin awet muda ahaaay.
Nah coba saja perhatikan, para atlet sebelum bertanding banyak yang mengunyah permen karet kan? Itu katanya untuk menurunkan kadar stress mereka sehingga tidak mempengaruhi hormon 'semangat' yang diperlukan untuk bertanding.
Lalu apa hubungannya dengan foto buah srikaya di atas? oh itu karena setelah mendengar penjelasan Pak Wied, saya jadi tahu kenapa setiap kali saya makan buah kegemaran saya ini rasanya surgaaaaa, bikin sakaw dan nyandu :D Karena saya suka buahnya, saya cari manfaatnya. Wow manfaatnya sekeren buahnya. Apa siiiih :P
fotonya dapet dari sini : srikaya

No comments: