Wednesday, March 21, 2012

Menjalaninya...

Sebenernya ini sudah jam tidur dan mesti harus tidur, kalau saya tidak mau bangun kesiangan besok yang artinya gedebak gedebuk siapin sarapan, apalagi kalo bangunnya sampe berbarengan sama boss-boss kecil, yang sudah dipastikan bangun tidur langsung lapar atau pengen ngunyah. Tapi apa daya, anak-anak sepertinya bakalan pilek nih. Citta malah sudah dari tadi pagi, hidungnya meler. Mungkin karena hujan tak berhenti,tak ada matahari, kondisi badan mereka mungkin drop karena kecapean jalan-jalan terus sejak kamis yang lalu. Plus sempet kena angin kencang beberapa kali. Nah, kalau sudah begitu alamat saya begadang karena mereka bergantian bangun. Tapi sekarang sih sudah ketiduran semua setelah dibuatkan air panas seember yang ditetesin minyak kayu putih. Ini theraphy andalan kalau anak-anak (bahkan papamamanya) mulai mampet hidungnya karena pilek. Eh belum lagi ini ada 'gangguan' dari yang berlatih bleganjur (gamelan dengan nada bersemangat 45) sampe tengah malam dan udah berlangsung semingguan ini. Mungkin persiapan untuk Int'l competion (kaleee), ah semoga menang aja ya. Kan kesian tuh udah latian sampe tengah malem tiap hari, walopun mereka nggak kesian sama yang terganggu istirahat malamnya.
Sekarang anak-anak udah tidur, papanya juga udah nyenyak. Saya? Malah kehilangan rasa kantuk. Hiks. Sering banget seperti ini. Dan karena saya itu menghindari banget begadang (kan katanya begadang itu berbahaya :D) jadi kadang frustasi sendiri kalo sudah kehilangan rasa kantuk di tengah malam. Kadang ngiri sama suami. Eh nggak bener ini, udah ngirian sama suami sendiri pulak. Tapi ya ini jujur, lebih baik jujur daripada nggak jujur toh?? Kalo mau bilang saya bukan istri yang baik, silakaaan... nggak bakal saya tuntut ke pengadilan. Saya tuh mikirnya, kalo soal capek, ya sama-sama capek. Kalo soal kerja, ya sama-sama kerja juga. Tapi kok saya yang lebih sering kebagian nggak bisa tidurnya? Sementara si papa gampang banget dapet kemewahan ini, tanpa perlu sering-sering kebangun. Nah tapi salah siapa dong kalo saya gampang kehilangan rasa kantuk? Bukan salah si papa sih memang.
Sama satu lagi yang bikin saya kadang ngiri. Eh mam,sekali aja ngiri udah nggak bagus, apalagi kadang-kadang yang berarti lebih dari sekali yak :P. Kalo ada saya, anak-anak lebih milih gerecokin mamanya deh. Ada aja yang ditanyain, ada aja yang diperlukan, ada aja tingkahnya yang 'aneh-aneh' seperti saling bergulat di badan saya lah (eh iya ini Citta udah bisa lho main bergulat-gulat gitu sama kokonya). Kalo pas pengen baca buku, ada aja yang ditanyain. Padahal ada papanya. Jadi baca satu alinea itu bisa bolak-balik, nggak mudeng-mudeng karena diinterupsi terus. Kalo baca bukunya sambil tengkurap, tiba-tiba salah satu atau bahkan keduanya udah duduk di punggung saya. Kalo lagi masak, ada aja requestnya jadi kadang ya kalo yang masaknya krusial, saya suka bilang: "Itu ada papa gitu lhoooo, sana sama papa dulu" Huh, ngusir :))
Si papa sih bukannya nggak mau membantu, kadang papa juga bantu ajak salah satu atau dua-duanya untuk menjauh dari saya, tapi ya gitu deh bentar-bentar inget mamanya. Kalo cuma beda lantai, misalnya saya di kamar atas dan mereka main di lantai bawah, mereka bisa tiba-tiba berubah pikiran, "mau cari mama!" Kalo Bodhi sekarang udah mendingan udah jarang, tapi si nyonyah kecil, her wish is our command hahaha. Aduuuh lagi-lagi saya ngiri. Kalo si papa bisa nonton banyak vcd film-film kesukaannya , bisa baca buku-bukunya, kalo saya suliiiit.... Ini TV cable aja mau dicabut aja deh, amat sangat jarang nontonnya. Anak-anak juga nggak terlalu addict sama acara tv, yang penting ada youtube :))
Ya sebenernya bisa sih, kalo malem-malem seperti sekarang ini saya begadang aja supaya bisa memuaskan hobi yang nggak bisa dilakukan di siang hari atau saat anak-anak belum tidur. Tapi seperti yang sudah saya bilang, kalo bukan karena terpaksa saya itu nggak mau begadang. Menurunkan daya tahan tubuh kan itu? Kalau saya sakit, anak-anak gimana dong? Si papa juga nanti repot, kan kesiaaaan. Tuh kan walaupun saya suka ngiri saya orangnya pengasih kok whuaahahahaha #pret.
Tapi malam ini, cieeeh saya sempat berpikir sambil bengong menyusui Citta tadi. Kalau bukan saya, terus sama siapa dong anak-anak mesti dekat? Kalau saya nggak belajar menjalaninya sebaik-baiknya sebagaimana adanya kondisi ini sekarang, kasian si papa juga kan kerja nggak tenang. Nanti rejeki bisa kabur, kan saya mau anak-anak sekolahnya yang sebaik-baiknya, dan saya mau jalan-jalan keliling dunia sekeluarga. #mimpi itu memang harus yang indah-indah mam. Kalau saya ngirian, saya nggak bakal bisa iklas dan itu bikin pekerjaan jadi berat. Yes, sebagai ibu juga sebuah pekerjaan. Awas ya berani menghina ibu-ibu rumah tangga itu pengangguran!
Kalau seperti sekarang, memang saya nggak bisa tidur tapi anak-anak dan suami bisa tidur nyenyak. Satu banding tiga! Mestinya saya bahagia dong. Kalau semua nggak bisa tidur, lebih banyak lagi kerugian materiil dan immateriil yang bisa timbul#aih serius ceritanya ya mam. Dan apa sih yang bisa saya jadikan penghiburan buat diri sendiri (kalau nggak mau dianggap sebuah kesombongan). Karena siapa coba mereka semua bisa tidur nyenyak?? karena siapa???Hayooo karena siapa?? ya karena mama doooong. #muahahahaha ketawa jumawa.

4 comments:

Anonymous said...

hahaha, setuju banget mbak ayu, saya juga bingung kenapa anak demennya nyari mamanya ya, padahal papanya jelas2 ada di depan mata dan gak heran papa jd punya banyak 'me time' dibanding mama *curcol*

tp saya juga sangat bersyukur kok msh dicariin sama anak justru kalo anak gak nyariin berasa ada yg hilang tar mamanya malah mewek hihi

Luh Ayu said...

Iya deb. Kalo nggak dicariin anak eh kok malah kangen :D

Itha said...

setuju ma mb. ayu & mb.debby
kalain sdh menyuarakan isi hatiku...
tnyata I'm not alone have those feeling :D

Luh Ayu said...

toss dulu ya kita :)