Friday, March 23, 2012

Ikan dan Ayam Mandi Tomat

Sebelum lupa, saya mau posting ah resep ini disini. Sebabnya, saya suka banget dengan usaha dan hasilnya. Dalam artian, minim usaha tapi hasil maksimal. Hahah memang pas sekali dengan saya yang tidak suka masak yang ribet.
Resep ini aslinya dari buku catering makanan anak sekolah karangan Pak Wied Harry. Dan saya memang jatuh cinta banget sama buku ini, karena bahannya simple mudah didapat, caranya mudah dan dari resep-resep yang sudah saya praktekkan 95% hasilnya,saya dan keluarga suka. suka-suka-suka!
Saya awalnya mencoba sesuai resep asli, patuh secara bahan dan proses penyelesaianya. Yaitu dipanggang. Berhubung saat ini tidak punya grill pan, maka saya pakai wajan teflon biasa. Dan hasilnya sukses gosong :D Bumbu juga jadi nggak kerasa, yaeyalah rasanya pasti gosong juga dong ya. Akhirnya setelah panggangan pertama yang gagal itu, saya nggak mau dong gagal kembali. Akhirnya saya melirik si oven cosmos mungil imut saya. Dimasukin aja semua kesana dengan bumbu perendamnya. Tapi salahnya saya, tidak dilapisi dengan aluminium foil. Hanya ditaruh begitu saja di grill tray-nya. Tapi hasilnya masih lebih baik. Daging ayam matang sampe kedalam, tapiiiii saus perendamnya gosong berkerak. Hahaha. Nah tapi setidaknya bisa dimakan ya. Maka kamipun memakannya, dan semua happy. Ah senangnya.
Karena semua happy meskipun bersaos minimal (karena sisanya jadi kerak) saya penasaran mencoba lagi besoknya. Kebetulan juga si papa baru beli ikan gindara fillet dan ayam fillet (iya ini si papa yang belanja, papa gak keberatan kok saya titip-titip groceries, dan sekarang beliau udah makin pinter dong dibanding dulu yang nggak tau bedanya buncis sama kacang panjang :P Memang itulah ganjaran kalo jadi suami rajin, tahu jenis-jenis sayuran dan ikan hahahah)
Nah jadi saya beginiin nih penyelesaiannya (secara bahan nggak ada yg diubah paling takarannya aja yang akhirnya sesuai selera saya).

*Bahan saus perendamnya:
3 buah tomat merah ukuran sedang/besar, diparut atau diblender,
garam+merica secukupnya
2sdm kecap manis
1sdm minyak kelapa/olive oil
1sdm seledri cincang (ini saya tambahin sendiri karena saya selalu suka sensasi aroma seledri, segerrr)
asam jawa secukupnya (kalo saya agak banyak dikit makenya karena suka asamnya yang bikin nggak eneg)
Nah dicampur aja itu semua bahan sausnya. Lalu cemplung dagingnya. Kalau bisa didiamkan beberapa saat sebelum dipanggang. Perasaan saya sih jadi lebih enak, karena bumbu lebih meresap.
*Untuk dagingnya bisa fillet ayam aja, atau dicampur fillet ikan. Mungkin nanti-nanti bisa coba tahu tempe jamur untuk yang vegetarian.
*Setelah itu barulah dipanggang di oven dengan suhu 190 derajat C. Selama 45 menit. Ya mungkin bisa kurang secara ayam dan ikan cepet matengnya. Tapi saya agak-agak nggak percaya dengan kemampuan si oven saya ini. Yah besok-besok saya coba deh 30menit, kalo ternyata mateng dan empuk, tentu lebih hemat listrik ya :)
Oh ya untuk tidak mengulangi tragedi saus berkerak saya tidak jadi pakai alumunium foil sebagai alasnya, saya pakai wadah tahan panas. Jadi cemplung semua,begitu matang tinggal sajikan. Hemat gak buang-buang aluminium foil dan praktis juga.
Akhirnya....bagaimana?? bagaimana hasilnya??? berhasil-berhasil! Lebih enak dan tak ada yang terbuang sama sekali dari saus perendamnya. Anak-anak juga suka banget sausnya disiram di atas nasinya.
Nah untuk menemaninya paling pas bikin vegetable stew alias ditumis-tumis aja segala macam buncis potong, kacang polong, wortel dadu, dengan bumbu garam merica bawang putih dan bawang bombay.
Sungguh menu yang sangat praktis untuk yang tak suka ribet.
#saya baru inget kalo pernah makan model-model yang kayak gini di Warung Itali di seminyak. Tapi lebih enak yang ini dong #sombong!
## saya baru ingat lagi dan terkenang-terkenang pas duluuu kecil sering dimasakin sarden ikan sama bapak atau ibu saya. Yak mirip begini rasanya. Tapi tentu lebih enak yang ini karena segar #sombong kembali.
### karena ikan gindara itu lembut banget teksturnya dan putih warnanya, maka pas ngambil daging-dagingnya, saya dan si papa suka tebak-tebakan, ayo ini ayam atau ikan? #Yang bener boleh makan, yang salah ya tetep boleh makan juga.
#### Saya mikir mungkin bisa bikin ayam betutu pake cara ini. Pake fillet ayam aja, jadi gak perlu punya panci presto pun bisa dimasak dengan cepat dan hasilnya lembut.

Fotonya nyusul ya, kalo nanti bikin lagi :D

No comments: