Wednesday, June 24, 2009

Disiplin Membuat Anakku Bahagia

Menurut mama, dalam usia 19 bulan Bodhi udah cukup gede untuk mulai diajarkan keteraturan alias disiplin dengan aturan. Walaupun sempet mikir, kasian ya kalo terlalu kecil begini udah diatur-atur. Tapi ngeliat orang lain yang malah udah ngajarin disiplin anaknya dari umur yang lebih kecil, jadi ngerasa terpacu dan semangat juga. Walaupun mama nggak pernah ngerasa terlambat menerapkan disiplin ke Bodhi, whatever people say... mama yang tahu anak mama gimana. Sebenarnya dari kecil sih udah tanpa terasa kita mengajarkan disiplin ke anak ya, walaupun pada awalnya tujuannya lebih ke disiplin pada diri sendiri. Misalnya mandi pagi mesti jam 8 (kecuali bangunnya lebih dari jam itu). Mandi sore paling telat jam 5. Ngeliat sikon cuaca sih kalo yang ini, dll.
Semakin gede semakin banyak yang harus didisiplinkan agar enak di anak dan enak di mama papa juga. Sudah mulai memikirkan apa-apa saja yang sudah bisa dimulai. Walaupun belum selesai bikin list nya. Tapi baru dalam bayangan saja, uummm udah banyaaaak banget ya ternyata hehehe.
Salah satunya yang sedang dilatih sekarang adalah disiplin dalam hal tidur malam. Jam 10 malam walaupun belum ada tanda-tanda mau tidur, pokoknya harus mulai dikondisikan ke suasana menjelang tidur. Dari ganti baju dan celana tidurnya, mematikan tv, mengganti lampu redup, juga mama papa walaupun belum ngantuk mesti ikutan nemenin di tempat tidur. Itu teori mama dan papa sih. Kemarin-kemarin sih sebenarnya Bodhi udah tahu ritual tidur ini, tapi kondisinya dia sudah mengantuk. Dia akan bilang: mama naik...papa naik... (naik ke tempat tidur maksudnya). nyenyen...Bobok...papuuu (nenen...mau bobok matiin lampu). Bahkan kadang tv dia yang matiin. Tapi berbeda kalau kondisinya dia belum ngantuk. Ngideeeer aja di kamar. Ngambilin benda-benda, bongkar-bongkar laci dan tumpukan mainan atau buku-bukunya. Nah ini yang nggak bisa dibiarkan, karena pernah bablas sampe jam 12an belum tidur. Mungkin juga jam ngantuknya jadi lewat kan, sampe akhirnya nggak bisa tidur.
Baru 2 hari sih jalan program tidur-mesti-jam-10 ini. Dua hari masih lancar. Walaupun pas tv dimatiin, lampu diredupin, dan dia diajak bobok, pake acara nangis. Dijelasin kalo semuanya udah bobok. Mickey kalo malam juga bobok. Dibo kalo malam juga bobok. Nangis sebentar aja, trus nenen dan mulai terkantuk-kantuk. Tapi cuma beberapa menit, kebangun lagi minta nonton atau main lagi. Tetep nggak boleh sambil diajak cerita dan diurut-urut kakinya. Sampai terkantuk-kantuk lagi. Dan ada yang lucu, nggak tahu kenapa setiap kali akan tidur dia akan muter 180 derajat trus kepalanya di kaki tempat tidur dan diapun tertidur pulas, diangkat dan dipindahin juga nggak kebangun. Baru dua hari uji coba, dan cukup sukses berhasil tidur jam 10.30. Mudah-mudahan lancar terus, walaupun mama tahu sih nggak akan semudah itu. Tapi dengan tekad dan kerjasama dengan papa nya, kita akan bisa mengatasi.
Nah ada satu lagi yang mau didisiplinkan. Soal nenen malam. Terus terang, belakangan jadi capek karena mesti bangun malam dan menyusui Bodhi. Punggung dan pinggang jadi sakit. Dan kualitas tidur juga berasanya nggak ok, akibatnya besok paginya bangun dengan kurang fresh. Gara-gara itu lah maunya Bodhi juga jangan kebangun malem untuk nyusu, tapi gimana caranya ya?? Udah kebayang usaha extra yang mesti dilakukan. Udah mirip nyapih kali yah. Kemarin ini sih kebetulan atau nggak, setelah tempat tidurnya dipisah dengan mama, Bodhi cuma kebangun sekali pas jam 2 an, dari yang biasanya bisa 3 kali kebangun. Masih minta nyusu tapi sebentar aja trus tidur. Alasan kenapa dipisah (selama ini Bodhi masih bobok satu tempat tidur dengan mama papa), karena logika mama aja sih heheh. Mama pikir Bodhi mengendus aroma susu. Jadi pas ngulet-ngulet gitu, dia jadi kebangun dan mesti nenen. Nah kalau dipisah, mana tahu bisa berubah. Kemarin setiap kali dia ngulet mama ikut kebangun, dan ngintipin dia. Ternyata tertidur lagi. Kebetulan??? mudah-mudahan sih nggak hehehe -ngarep-.
Nggak tahu deh malem ini. Sebelum tidur sih udah dipesenin, kalo boboknya kudu yang nyenyak, jangan minta nenen. Mudah-mudahan dia ngerti ya.
Oh ya, kenapa judulnya seperti di atas? Soalnya gara-gara nyari artikel soal disiplin mama nemu tulisan yang intinya bilang bahwa disiplin itu justru membuat anak bahagia. Hmmm padahal sebelumnya kan mama mikir anak bakalan senewan ya, diatur-atur, nggak bebas, wong belum ngantuk kok dipaksa tidur. Tapi ternyata yang dipaparkan disana sangat masuk akal. Dengan disiplin dari kecil maka dikemudian hari dia akan mudah memasuki lingkungan di luar rumahnya, misalnya di sekolah. Di sekolah kan pasti ada aturan-aturan, kalau dia sudah terbiasa mematuhi aturan, maka bukan hal berat lagi bagi dia untuk beradaptasi dengan aturan di lingkungan yang baru. Selain itu dengan taat aturan dia sudah belajar menghargai orang lain. Misalnya nanti pas di sekolah, dia mesti duduk dengan tenang, nah dengan duduk tenang dia tidak akan menganggu anak yang lain kan? Gurunya pun merasa dihargai saat menjelaskan karena merasa didengarkan. Jadi anak yang nyenengin lah. Kalaupun nanti dia mau protes-protes ke gurunya misalnya, kalau ada hal yang nggak sesuai pemikiran dia, itu urusan lain. Ada waktunya nanti mama papa ajarkan bagaimana kita harus mengeluarkan pendapat kita, jangan dipendam. Tapi diajarin juga gimana cara menyampaikan protes dengan elegan. Terdengar terlalu ideal? Menurut mama ini bukan bermimpi atau berkhayal, tapi sesuatu yang harus dilakukan, karena mama sayang anak mama dan mama ingin yang terbaik untuk dia, bukan hanya saat ini tapi seumur hidupnya.
Jadi mama Bodhi, ayo ayo semangat!!! Jangan putus asa. Jangan menyerah, terutama menyerah pada wajah memelas atau tangisan Bodhi yah hehehe.

No comments: