Saturday, June 20, 2009

Bengkak Pasca Imunisasi DPT

Hari Sabtu kemarin, Bodhi imunisasi DPT (Dipteri Pertusis Tetanus) dan Polio yang ke-4. Mestinya HiB juga, tapi ditunda bulan depan karena vaksinnya cuma ada yang ngga pake panas. Mama ga pernah ambil vaksin yang non demam, selain mahal selama ini ya Bodhi cuma anget-anget aja dan tetap aktif, sehingga obat penurun panas yang dibekelin dokter ga keminum. Pokoknya prinsip mama banyakin ASI dan air putih, juga apel dan jeruk. Selama ini ya masih kehandle sama mama dan gak bikin Bodhi 'menderita'.
Tapi ada yang beda dengan imunisasi kali ini. Pulang dari imunisasi Bodhi masih baik-baik aja, sempet mampir ke toko buku, dan disana Bodhi happy banget keliling-keliling. Sampe rumah juga masih baik, sampe akhirnya jam 9 malem saat nonton Mickey di TV, Bodhi bangun dari duduknya dan jalan ke arah meja, eh kok jalannya pincang-pincang, trus mama tanya sakit ngga...dia sih masi tetep mondar-mandir ga mengeluh atau nangis. Tapi mama dan papa jadi khawatir dan ikutin dia terus, karena yang pincang kaki kanan yaitu yang disuntik tadi sore. Cuma 5 menit, trus dia mulai merengek-rengek dan akhirnya nangis kencang (hal yang jarang banget sampe bikin mama miris dengernya). Akhirnya mama gendong masih nangis kenceng, dan karena takut banget papa minta mama telpon dokternya untuk nanya. Dan menurut dokter hal itu wajar sebagai efek samping dari imunisasi DPT, dan untuk mengurangi sakit dan bengkaknya disuruh kompres air hangat oleh pak dokter. Hmmmm rada bingung juga, soalnya sebelum2nya kan udah pernah imunisasi ini nggak ada efek seperti ini. Apa mungkin karena dia sempet banyak jalan setelah di suntik ya. Papa juga langsung search di internet soal ini dan dapet info seperti ini :
"DPT sering menyebabkan efek samping yang ringan, seperti demam ringan atau nyeri di tempat penyuntikan selama beberapa hari. Efek samping tersebut terjadi karena adanya komponen pertusis di dalam vaksin. Untuk mengatasi nyeri dan menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen (atau ibuprofen). Untuk mengurangi nyeri di tempat penyuntikan juga bisa dilakukan kompres hangat atau lebih sering menggerak-gerakkan lengan maupun tungkai yang bersangkutan."
Ya udah akhirnya dikompres dengan washlap yang sudah direndam air hangat. Masih nangis juga, sampai akhirnya dikasi nenen sambil dipangku dan akhirnya dia bisa ketiduran, mungkin karena capek nangis. Tapi pas ditaruh di tempat tidur, dia kebangun karena kakinya bergeser dan akhirnya nangis terisak-isak :( dan oleh mama dikasi nenen lagi supaya dia lupa sakitnya sambil terus dipegangin kompresnya. Karena mama pegel juga megangin washlap dan washlapnya cepet dingin, akhirnya kepikiran untuk isi botol kaca dengan air hangat, supaya lebih lama hangatnya dan bisa ditaruh aja disamping pahanya dengan diganjal bantal. Syukurlah dengan cara begitu, Bodhi ngerasa lebih nyaman dan akhirnya tidur pulas. Tapi tengah malam dan jam 3 an gitu dia masih kebangun, karena kan biasanya dia tidurnya lasak, nah pas mau ubah posisi mungkin dia ngerasa sakit sampe akhirnya kebangun. Oh ya di sekitar lokasi bekas suntikan juga rada mengeras dan membengkak sedikit, dan bikin mama nggak bisa tidur. Jadi ngeliatin Bodhi bobok, kesiaaaan...hiks hiks...dia kan jarang banget sakit dan nggak sampe rewel kalo bukan karena kesakitan banget seperti ini.
Tapi tadi pagi jam 6 Bodhi kebangun dengan bengkak yang sudah hilang, tapi sepertinya masih sakit karena dia bangun sambil terisak-isak. Akhirnya dipangku dan diajak nonton playhouse Disney supaya dia lupa sakitnya, dan berhasil...karena dia ketawa-ketawa ngeliat Jojo Circus. Agak siangan dia mulai mau berdiri tapi dengan posisi yang belum bagus, tapi ya gitu maunya berdiri terus sampe akhirnya nangis sendiri mungkin karena kakinya nyut nyut lagi.
Sampe sore ini sih udah mendingan banget kakinya, udah bisa jalan-jalan walaupun masih pincang dan sepertinya dia ada trauma jadi minta dibantu kalau mau berdiri dari posisi duduk.
Mama nyesel juga nggak nyari info mengenai ini sebelum Bodhi imunisasi. Untung cuma efek ringan. Sepertinya kita sebagai pasien yang memang mesti pinter, karena kadang dokter lupa memberi informasi lengkap kalau tidak ditanya. Dokter seringnya hanya memberitahu imunisasi ini bikin demam atau nggak. Dan dokternya juga nggak menanyakan pernah ada riwayat kejang atau nggak, lagi sakit atau nggak, langsung joss aja :(
Mudah-mudahan kejadian ini bikin mama dan papa makin aware sebelum mendapatkan tindakan medis.

No comments: