Sunday, November 20, 2011

Tantangan Tape

Mungkin ini yang namanya pucuk dicinta ulam tiba. Tapi saya lebih suka menyebutnya mestakung :D Semesta Mendukung. Soalnya saya itu punya keyakinan, kalo kita niat mencari sesuatu sepenuh hati, suatu saat dimana semua kondisi sudah memenuhi maka apa yang akan kita cari akan ketemu. Seperti kebanyakan orang bilang, semua indah pada waktunya. Haiyaaaa mau bikin cake tape aja belibet bener berfilosofi hahahah. Ya iyalah, gimana nggak?? saya itu kaget lho sewaktu melihat pak Wied Harry ngepost tantangan bikin cake tape yang sehat dan alami. Soalnya saya dua minggu belakangan ini niat banget nyari resep-resep berbahan tape dan juga mencari-cari apa sih manfaat dan bahaya tape. Secara saya ini penyuka tape yang amat sangat. Kalau nggak karena khawatir berlebihan makan, mungkin tiap hari saya bisa makan tape. Tapi saya selalu berusaha untuk makan cukup. Eh kemudian muncullah tantangan dari Pak Wied ini yang menantang siapa saja untuk merombak resep cake tape singkong yang beliau temukan di internet menjadi resep yang lebih sehat alami. Nah, tentu saja saya senang bukan kepalang karena artinya sebentar lagi saya akan dapat banyak resep berbahan tape yang enak dan pasti lebih sehat daripada resep pada umumnya.
Dan seperti biasa, daripada hanya menunggu resep orang lain dan juga karena sudah dipancing dengan satu resep, saya pikir nggak ada salahnya saya ikut berpartisipasi. Walaupun saya nggak pinter baking, tapi seenggaknya apapun yang saya bake biasanya dimakan kok sama anak-anak dan suami :) Entah sih karena sayang mama atau nggak tega hahahaha.
Ini adalah resep yang disuruh untuk dirombak:
150 ml santan, dari 1/4 butir kelapa
5 lembar daun jeruk
5 butir telur
125 g gula pasir
300 g tape singkong, buang seratnya, haluskan
150 g tepung terigu
1 sdt kulit jeruk lemon parut
2 sdm margarin, dilelehkan

1. Didihkan santan dan daun jeruk, angkat, buang daun jeruk, sisihkan hingga dingin.
2. Kocok telur dan gula pasir dg mikser kecepatan tinggi hingga mengembang.
3. Masukkan tape singkong halus, kocok dg mikser kecepatan rendah hingga rata.
4. Masukkan tepung terigu dan kulit jeruk lemon parut, aduk rata dg spatula.
5. Tambahkan santan dan margarin leleh, aduk rata.
6. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven 180 oC hingga masak (25 menit) .
Dan saran dari Pak Wied adalah seperti ini:
1. Gula adalah karbo sederhana jahat. Saran: minimalkan atau dibuang sama sekali dari resep.
2. Tepung terigu adalah tepung berlimpah gluten, jenis protein sulit cerna (butuh waktu cerna 3x24 jam). Saran: minimalkan sumbangan gluten atau buat tanpa gluten.
3. Margarin sumber lemak trans, jenis lemak jahat yg mudah menaikkan kadar trigliserida - yg akan berakibat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Saran: tidak digunakan, coret margarin dari daftar belanja.
4. Bisa melakukan langkah lain selain petunjuk di atas.
Berikut modifikasi resep ala saya (yang semoga bukan malah jadi ngancurin resep ya Pak Wied).
Oh ya kalau dilihat dari takaran tape yang dipake, bisa dibilang saya cuma bikin 1/3 resep kali yah. Biasa...takut gagal kan sayang bahan :) Nanti kalo memang layak dimakan, baru deh bikin yang banyak.

100g tape singkong
20g gula pasir halus
2 sdm minyak kelapa/minyak sayur
1 telur
75ml susu almond (maunya pake susu kedelai segar, tapi stock habis jadi pakai fresh almond milk. bukan yang kemasan lho ya ini)
2 pods vanila (saya pake yang masih utuh itu, bukan yang extract atau bubuk, jadi dibelah dulu terus dikeruk isinya)
25g maizena
1sdt tepung beras
25g kismis
keju cheddar parut secukupnya untuk taburan

Cara membuatnya:
campur tape dan gula, aduk rata
masukkan minyak dan aduk rata
masukkan telur, aduk rata
tambahkan vanilla dan susu almond
masukkan maizena dan tepung beras aduk sampai adonan rata tidak bergumpal
masukkan kismis
tuang ke cup cetakan dan taburi dengan keju parut (saya pakai yang silicon. supaya hemat dan mudah-mudahan benar aman ya :D)
Sebelumnya panaskan oven pada suhu 190C.
Panggang cake tape dengan api bawah selama 40menit, lalu dengan api atas selama 10menit dengan api atas.
Hidangkan dan nikmati...

Hmmm sewaktu dipanggang, aromanya menjanjikan :) hasil akhirnya??? Untuk rasa menurut saya pas dan sempurna. Nilai sempurnanya didapat karena anak-anak saya doyan banget. yang kecil pun suka. padahal dia baru 1th4bln yang mana menurut pak wied belum boleh makan tape sebelum genap 2 tahun). Sementara untuk penampilan, sewaktu baru keluar oven cantik banget mengembang. Tapi begitu dingin jadi kempes :( Apa karena saya hanya mengaduk dengan sendok ya dan bukan dengan mixer. Atau karena nggak pake tepung terigu??
Tapi secara keseluruhan saya senang dengan hasilnya. Lain kali kalau mau buat lagi saya ganti vanilla dengan parutan kulit jeruk lemon untuk cita rasanya :)

1 comment:

Anonymous said...

jadi kaya muffin ya mbak? aku juga doyan tape loh, apalagi klo digoreng hmmm nyam2 deh :)