Tuesday, October 25, 2011

la la la aku suka musik (semoga anaknya nggak bosen :P)



"Bodhi konsentrasinya bagus... pitch nya bagus. Saya kaget waktu denger Bodhi nyanyi tempo hari, pitch nya tepat banget, nggak seperti anak-anak seusia dia pada umumnya. Dan ritmenya juga sudah bagus".
Itu kata Ms.Lenny guru musik Bodhi tadi sore sewaktu parent meeting. Ah, ijinkan saya melambung bahagia....:)
Kalau tahu bagaimana awalnya Bodhi di kelas musik, maka akan mengerti kenapa saya merasa begitu senang hari ini. Tapi mungkin sebaiknya saya bercerita dulu kenapa saya dan suami memasukkan Bodhi ke kelas musik. Apakah karena kami (tepatnya saya) ingin Bodhi suatu saat nanti jadi komposer atau musikus handal? Ah siapa sih yang tidak ingin? Ingin kan boleh asal tidak memaksa :) Atau kami ingin dia jadi anak jenius karena sel-sel otaknya berkembang sempurna disebabkan rangsangan musik sejak dini??? Hmmm nggak juga sih, karena entah kenapa saya masih merasa jenius itu nggak penting, bijaksana itu yang lebih bermakna. Atau sekedar ikut-ikutan supaya Bodhi ada kegiatan? Hush hush, orang-orang heboh ber blackberry aja saya nggak ngerasa harus perlu punya juga, masak untuk pendidikan anak saya mau ikut-ikutan orang. Jadi apa dong? Naluri! Naluri ibu. Naluri saya berkata, ini penting dan baik untuk Bodhi. Maka begitu saya pikir ini baik, saya akan cari informasi secukupnya (nggak perlu sebanyak-banyaknya karena biasanya saya jadi kelenger sendiri) dan selanjutnya jalankan saja dan lihat hasilnya.
Nah, apa yang terjadi di awal-awal kelas musik berlangsung? Bodhi sibuk nyari tombol on/off electone. Bodhi penasaran kabel electone nya tersambung kemana. Bodhi lebih tertarik melihat teman-teman sekelasnya yang waktu itu statusnya teman baru. Disuruh ikut bernyanyi, dia senyum-senyum aja. Bahkan pernah karena ketiduran di mobil dan dibangunin saat belum puas tidurnya, dia mogok semogok-mogoknya, nggak mau ngapa-ngapain. Disuruh ke depan bareng temen-temennya, yang lain joged-joged dia tegak sekaku patung. Kesal? pasti!! Malah pernah saya yang ngambek, saya bilang ke suami, udah deh kalo gini kayaknya gak usah lanjut, capek ati. Mungkin anaknya memang gak suka, mungkin juga memang gak ada bakat di musik, daripada dipaksa, nanti dia trauma dan sayanya juga kesel. Tapi itu memang sebatas wacana, karena kembali setiap hari selasa sore kamii akan tetap mengantarnya les musik. Walaupun saya harus kayak orang aneh, joged-joged sendiri sementara anaknya emoh. Walaupun saya harus sedikit cemburu melihat anak-anak lain yang bersemangat bernyanyi keras-keras dan mau menjawab setiap kali dikasi pertanyaan. Pertanyaannya biasanya seputar ini: Nah tadi itu kira-kira suara apa ya??? Yang lain pasti menjawab kencang, elephant!!! Sementara Bodhi, kalo nggak ngeliatin temen-temennya, kadang dia sibuk nyariin tombol on/off electone. Dia penasaran mungkin kok electone nya nggak boleh dipencet-pencet sesuka hati. Kan namanya les musik ya?? heheehe. Tapi ternyata disaat itu sedang diajarkan disiplin.
Keadaan seperti itu berlangsung kurang lebih dua bulan. Dan di bulan ketiga Bodhi sudah mau nyanyi, sudah mau mengikuti gerakan, walaupun belum bagus-bagus amat. Tapi saya sudah mulai senang dan merasa keputusan untuk meneruskan les tidaklah salah. Tapi ya tidak selalu mulus juga sih, ada kalanya dia bosan atau mengantuk (Bodhi itu susah tidur di rumah, tapi kalo udah di mobil bawaannya langsung molorrrr, nah akhirnya kalo sudah sampai di tempat les kan dibangunin, jadinya drop mood nya hehehe). Nah kalau sudah begitu, saya mesti rela membangkitkan mood nya. Kadang pakai iming-iming boleh beli es krim atau diajak main ke timezone. Kadang juga saya bilang, mama sedih kalau Bodhi nggak mau ikut nyanyi atau menjawab pertanyaan ms.Lenny. Dengan memasang ekspresi sedih, biasanya cukup sukses membuat Bodhi memeluk saya dan bilang "sorry ma...".
Oh ya ada satu hal lagi yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk jangan sampai bosan mengantarnya ke les musik. Itu saya dapat saat parent meeting semester pertama. Ms.Lenny bilang, anak yang les musik memang belum tentu akan menjadi pemain musik, tapi bisa saja dia menjadi komposer lagu, penyanyi atau malah dancer, atau mungkin juga tidak ada hubungannya sama sekali dengan musik. Tapi biasanya anak-anak yang mengenal musik, akan terasah sensitivitas rasa dan juga cita rasa seninya. Dari situ saya menambahkan sendiri dalam pemahaman saya, walaupun nanti dia jadi programmer dia akan coding dengan rapih dan logika yang lebih teratur, atau dia menjadi interior designer maka dia akan menata ruangan dengan penuh keindahan rasa, pun kalau dia menjadi pilot pesawat jet (seperti cita-cita Bodhi) dia akan melajukan pesawatnya dengan sensitivitas rasa yang plus plus... halah (sedang geli sendiri membayangkan gimana sih nyetir jet dengan irama hehehehe)
Dan puncak kagetnya saya itu terjadi kurang lebih dua bulan yang lalu, jadi setelah les berjalan sekitar 8 bulanan. Saat anak-anak maju ke depan, diajak bernyanyi dengan diiringi piano oleh ms.lenny, terdengar suara Bodhi dengan jernih lantang menyanyikan do do sol sol la la sol...fa fa mi mi re re do dst... sementara anak lain agak-agak kacau dan main-main. Dan ternyata ekspresi kaget saya tertangkap oleh ms.lenny, dan dia bilang sambil tertawa "waaah Bodhi keren sekali, tuh liat mama sampai kaget lhooo...mama pasti senang ya...". Beneran, saya kaget sekali waktu itu, ternyata Bodhi menyimak dan selanjutnya pada lagu yang temponya lebih cepat dia juga cukup bisa mengikuti. Dan rupanya itu yang dimaksud pitch yang benar oleh ms.lenny, panjang pendek tinggi rendah dan tekanannya tepat. Haduuuh saya aja baru ngerti saat itu, dulu pas pelajaran kesenian mana diajarin yang begituan...
Saya sih sadar, perjalanan masih panjaaaaang. Tapi hal ini berarti banget buat saya. Terbayar rasanya semua kreatifitas yang saya kerahkan supaya Bodhi bersemangat. Lunas juga uang les yang sudah dibayarkan papanya. Dan buat Citta, kok ya dia lebih bersemangat dari kakaknya sih kalau sedang kelas musik. Dia biasanya ikut masuk ke kelas, ikut nyanyi (ala citta tentu saja) ikut mencet-mencet tuts, ikut tepuk tangan, ikut teriak-teriak hahahaha

2 comments:

Anonymous said...

kok Bodhi sama ma Alden ya suka gak mau tidur di rumah kalo siang apalagi ada papi maminya, tp begitu naik mobil 5 menit lgsg terlelap haha

aku emang pernah baca kalo musik efeknya bagus buat setiap orang apalagi buat anak2 yg otaknya masih berkembang, semoga Bodhi betah ya :)

Luh Ayu said...

iya deb, ternyata sepertinya menurun ke citta juga. walaupun citta masih mau tidur siang, tapi kalo udah masuk mobil cuma nunggu bbrp saat langsung pules hehehe. Iya ngarepnya dia betah, semoga :)