Thursday, March 10, 2011

it's a magic....

Setiap hal yang mereka lakukan, setiap kata yang mereka ucapkan, bagi saya adalah sebuah keajaiban :)

Tadi pagi Bodhi ninggalin sarapannya di meja. Trus saya bilang: "Bodhi,kok havermutnya nggak dihabisin. AYo dong dihabisin...." Eh dia jawab: "sebentar ma, Bodhi lagi baca buku". Hmmm emang iya sih dia lagi buka-buka buku baru nya :D

Waktu mama pura-pura pingsan karena nyium dede citta (saking enaknya nyium,sampe pingsan coba??? hahaha). Dengan pura-pura (juga) panik, Bodhi bilang "are you ok ma?? are you ok??" sambil guncang-guncang badan saya. Hahaha seru ya berakting.

Saya berusaha membiasakan Bodhi untuk merapikan mainan sendiri, kalo saya pengen buru-buru biasanya saya menawarkan bantuan. "Ayo Bodhi dirapiin mainannya, nanti mama bantu". Sekali waktu, mungkin dia malas dia panggil saya dan bilang "Ma, boleh mama bantuin Bodhi rapiin mainan?" hahaha itu saya nggak nyuruh dia ngerapiin mainan lho,tapi mungkin dia juga ribet liat mainannya berantakan. Maunya saya sih nggak dibantuin,tapi kok denger permintaan tolongnya hmmmm jadi gak tega juga.

Bodhi sampe sekarang belum pernah cemburu sama adiknya, malah kalo denger adiknya nangis dan kebetulan saya lagi main atau peluk-pelukan sama dia, Bodhi selalu ngomong gini "Ma, dede citta nangis ma, minya nyusu dedeknya ma". Trus dia langsung lepas pelukannya atau asyik main sendiri. Duh malah jadi gak tega ninggalinnya. Atau kalo adiknya nangis,sementara saya sedang mandiin dia, Bodhi biasanya ngomong "sebentar dek, mama masih mandiin koko dulu". Bodhi juga udah bisa dititipin adiknya kalo saya lagi pipis atau ngapain lah yang nggak lama-lama. Saya biasa bilang,"Koko jagain dedek bentar ya, mama mau pipis.Hati-hati ya jaga dedeknya jangan sampe jatuh". Tapi saya sih pasti udah jaga2 juga supaya citta jangan sampe jatuh (lagi). Hehehe iya dia pernah jatuh tuh,walaupun gak tinggi, itu karena saya teledor juga saya pikir dia belum bisa pindah tempat, ternyata dia udah bisa berguling-guling. Biasanya Citta juga anteng kalo dijagain kokonya,soalnya citta itu sukaaa banget ngeliat gerak gerik kakaknya, dia bakal ketawa ngakak-ngakak kalo liat kakaknya beraksi.

Kosa kata bahasa inggris Bodhi juga sering bikin saya kaget. Dia kadang udah fasih ngomong satu kalimat. Dan sering mengeluarkan kata-kata baru yang dia mungkin dapat dari TV atau game di komputer. Dia juga udah ngerti membedakan, mana stair mana ladder misalnya. Kapan harus bilang angry kapan bilang upset. Bukannya saya bermaksud bangga anak saya berbahasa inggris, karena saya sendiri pada dasarnya selalu mengajak dia berbahasa indonesia, tapi kebalikannya malah dia yang mengawali berbahasa inggris dulu dan kadang bikin saya agak kaget juga, kok dia bisa ya??? Sekarang saya malah ngajarin dia bahasa bali, karena bagaimanapun Bodhi tumbuh di sini, di Bali. Dan kalimat pertama yang dia bisa: Mama jegeg bulan. Yang artinya mama cantik sekali, hahahaha

Hari ini dia tiba-tiba bertanya: mama takut sama laba2? nggak...jawab saya. mama takut sama bee? nggak juga....kata saya. Mama takut apa? saya jawab, mama takut kalau Bodhi sakit, mama takut kalau Bodhi sedih. Tahu nggak reaksinya apa: HAHAHAHAHA ketawa kenceng banget, halaaaaah maksudnya apa siih?

Bodhi suka banget niru suara robot, kalau dimintai tolong. Bodhi tolong dong ambilin mama tissue. Dia bakal jawab IYA MAMA, pake suara robot tentunya. Bodhi jangan main dekat tangga ya... IYA MAMA. Trus suka jail juga kalo ditanya, nggak keluar suara iya atau nggak. tapi bakal ngangguk atau geleng sambil bilang ting ting.

Oh iya Bodhi itu kadang susah juga dikasi tahu atau disuruh melakukan sesuatu. Misalnya diajak menggambar, belum tentu mau tuh. Tapi sewaktu-waktu, tiba2 aja dia nyodorin drawing board dia dan nunjukin sesuatu yang memang bener2 mirip sama yang dia bilang. Dia pernah nyodorin papan gambarnya dan bilang "ma, ini bridge dan island ma.." eeehhh beneran lho dia gambar pulau dan ada jembatan yang menghubungkan pulau2 itu.

Nah kalau Citta, sudah mulai heboh dengan suara-suara lucunya dan gerakan menirunya. Dia bisa joged heboh lho kalo denger lagu smash hahaha. Dan sepertinya dia lebih berminat ke suara musik dibanding Bodhi seumuran citta sekarang. Nggak bisa denger musik,langsung aja joged. Denger tambur barongsai aja joged :) Di kelas musik Bodhi juga gitu, yang lebih semangat ngeliat gerak-gerik guru musiknya kok Citta ya hehehe tapi apa mungkin anak cewek lebih mudah diarahkan dengan musik dan gerakan ya. Soalnya kalo diperhatiin di kelas Bodhi, anak2 ceweknya memang lebih antusias ngikutin gerakan gurunya, sementara yang cowok2 malah sibuk nyari kabel lah, berusaha nyalain electone lah, congkel2 tuts keyboard lah hahaha.
Trus hari ini Citta niru suara dan gaya koko nya bersin lho, hatsyi hatsi sambil angguk-angguk :)) Bodhi malah ketawa seneng gaya bersinnya ditiru trus pura2 bersin terus deh hahaha

Memang benar ya, sekecil apapun, sesederhana apapun, jika dilakukan oleh anak kecil apalagi anak kita sendiri,rasanya....it's a magic :)

3 comments:

Anonymous said...

bener banget mba, kalo anak kita melakukan sesuatu yg kita ga sangka, rasanya seperti magic :)

Bodhi sepertinya menjadi koko yg baik bagu Citta ya :)

"ncies" said...

it's amazing mba...bikin terharu ya tingkah laku anak2...

Kadang bikin mulut terbuka lebar dengan polah atau perkataannya yang buat luluh hati.

Bocitt memang gud partner, dan itu pasti karena mamanya hebat !!

buat debby : kapan deb alden dikasih adek ya mba ayu, hehe...

Im said...

Bodhi lucu banget ^_^