Saturday, March 5, 2011

Puding Biskuit Teh Campur-Campur


Ada resep puding enak yang sumbernya dari cake miracle nih. Tapi ada sedikit modifikasi rasa dari saya, supaya nggak pake pewarna. Jadi warna hijaunya dapet dari green tea, merahnya dapet dari thai tea. Jadi, rasanya dapet warnanya juga dapet :) Juga nggak pake susu kental manis, karena kami sekeluarga nggak suka yang terlalu manis.

Ini kedua kalinya saya bikin, yang pertama cuma bikin 2 lapis (lagi males), nah sekarang lagi rajin bikin 4 lapis, makanya baru diposting sekarang deh...

Enak dan cantik warnanya (menurut saya) jadi layak dicoba kok. Ini ya resep modif ala saya.

bahan:
20 biskuit marie
50 gr gula pasir, buat caramel
1 sdt kopi instant

2 bungkus agar-agar
1 ltr susu uht plain
100 gr gula pasir
2 kuning telur
1 sdm bubuk green tea
1 sdm bubuh thai tea

Cara:
1. Menyiapkan biskuit marie
Buat caramel dari 50gr gula+1sdt kopi instant
tangkupkan 2 buah marie dengan lapisan caramel ditengahnya.
lakukan dengan cepat supaya caramel tidak keburu keras/kaku.
(karamel ini bener2 puanassss kalo sampe kena tangan,jadi hati-hati ya, saya udah ngalamin soalnya hehehe)

2. Membuat puding lapisan green tea
masak 500ml susu, 1 bungkus agar2, bubuk green tea dan 50gr gula sambil diaduk terus agar susu tidak pecah, gunakan api kecil-sedang.
tips: sebelum dimasak sebaiknya campur dahulu agar2 dan bubuk green tea dengan sedikit susu supaya lebih halus adonannya.
Lalu masukkan kuning telur dengan cara dipancing adonan agar-agar, tuang kembali ke adonan sambil diaduk cepat.
Setelah mendidih, angkat matikan api, aduk rata dan saring.

Tuang 1/2 adonan green tea dalam loyang bulat diameter 20/22cm, tunggu hingga keras kemudian susun biskuit marie diatasnya secara melingkar masing2 2 tangkup.

3. Membuat puding lapisan Thai tea.
Campur 100ml susu dengan bubuk Thai tea,diamkan beberapa saat untuk mendapat warna dan aroma teh yang pas (pakai susu yang panas kalo bisa, supaya aroma tehnya keluar), setelah itu saring.
Masak susu yang sudah dicampur teh+sisanya,agar2 dan gula sambi diaduk terus agar susu tidak pecah, gunakan api kecil-sedang.
Masukkan kuning telur dengan cara dipancing adonan agar2, tuang sambil diaduk cepat.
Setelah mendidih, angkat matikan api,aduk rata, saring.

Tuang 1/2 adonan thai tea, tunggu hingga keras.
Tuang lagi 1/2 adonan green tea (yang sudah dipanaskan kembali, kan karena setelah beberapa saat adonannya bakalan mengental) tunggu hingga keras.
Terakhir masukkan adonan thai tea (yang sudah dipanaskan kembali) untuk menutup permukaan biskuit, bekukan.

Bisa disajikan dengan vla, seperti di resep aslinya. Tapi kali ini saya nggak pake vla lagi, hmmm supaya nggak kebanyakan telur aja, kan dalam pudingnya udah ada telur, vla pake telur lagi. High cholesterol ah :D

Oh iya, karena di dalemnya ada biskuit berkaramel pas motong pudingnya mesti agak hati2 dan pake pisau yang cukup tajam supaya rapi hasilnya, rada keras soalnya. Tapi soal rasa, ruame deh pudingnya. Ada green tea, ada wangi thai tea ada kopi nya pula. Cuma, Bodhi nggak terlalu suka tuh karamel kopinya, jadi dia cuma makan lapisan agar2 nya aja. Tapi baguslah, supaya dia nggak nyandu kopi, nanti mama juga yang repot ngedetox hahaha.

3 comments:

Anonymous said...

mba waktu itu saya bikin karamel kok pahit ya rasanya, kayanya ada yg salah nih...dan emang karamel itu panas banget, jari saya uda pernah melepuh kena karamelnya :)

Luh Ayu said...

kalo pait berarti udah gosong tuh deb. kayaknya kalo bisa wajan/panci yang dipake rada tebel kayak yang stainless atau chrome gitu deb, supaya ngga cepet panas. Dulu pernah pake yang alumunium, memang cepet gosong dan jadinya pait. Soal panasnya, memang assoooy dah hahaha

Luh Ayu said...

kalo pait berarti udah gosong tuh deb. kayaknya kalo bisa wajan/panci yang dipake rada tebel kayak yang stainless atau chrome gitu deb, supaya ngga cepet panas. Dulu pernah pake yang alumunium, memang cepet gosong dan jadinya pait. Soal panasnya, memang assoooy dah hahaha