Friday, April 16, 2010

Puding Halloween

Ceritanya ada milis baru nih, dan mama diajak bergabung. Namanya Rumah Snack Sehat. Ada web nya juga. Dan minggu ini ada PR cemilan yang mesti dicoba resepnya, yaitu Puding Halloween. Dinamain begitu karena bahan dasarnya Pumpkin kali ya.
Trus untuk resep ini mama bikinnya setengah resep aja, biar gak terlalu banyak biar cepet habisnya, ngga suka simpen makanan lama-lama di kulkas hehehe soalnya buntutnya malah ngga berminat lagi jadinya buat makan.


Ini Bahannya:
Agar-agar warna putih 2 bks
Santan 1ltr,dr 1 butir kelapa (sy ganti susu kedelai plain)
Labu kuning 400gr
Gula Pasir 100gr (dr setengah resep sy kurangi lagi jadi 30gr)
Vanili Bubuk 1/2 sdt (saya ngga pake)
susu bubuk 5 sdm (saya ngga pake juga)
garam 1/2 sdt

Ini caranya:
1. Kukus labu kuning kemudian blender sampai lembut.
Kalo saya cukup dikukus di rice cooker saat masak nasi, trus dikeruk dan dipenyet aja pake garpu. Paling males bersihin blender apalagi cuma dikit gini hehehe.
2. Masukkan labu kuning, agar-agar, gula pasir, (vanili, susu) dan garam ke dalam santan/susu kedelai.
3. Masak menggunakan api sedang, aduk terus setelah mendidih. Angkat, tuang ke dalam loyang/cetakan sesuai selera, dinginkan.
Kalo saya ngaduknya pake whisk, hasilnya lebih merata dan nggak bergumpal ataupun berserabut labu nya.
4. Puding Labu Hallowen siap disantap.

Karena bikinnya 1/2 resep jadinya 5 mangkok es krim seperti di foto itu. Hasilnya berasa semriwing susu kedelai. Oh ya kenapa diganti susu kedelai, karena menurut yang pernah saya baca, kalo santan dipanasin udah ga bagus buat badan, jadi dicari alternatif diganti dengan susu kedelai (ini sih nyontek pak wied harry, pakarnya masakan dan pola makan food combining). Pada doyan ama pudingnya, sampe ditahan sisain 1 mangkok buat di foto. Trus itu fotonya kok sebelahan sama bunga yaaa, soalnya pas banget hari itu ada pesanan bunga yang temanya kuning hihihi (maksa yah?? biarin)

No comments: