Tuesday, September 22, 2009

Sup Kental Wortel dan Tomat

Sudah 3 hari ini cuaca di Denpasar mendung gerimis dan beberapa kali hujan lebat (setelah sebelumnya diguncang gempa yang bikin mama ngos ngos an lari dari bawah ke kamar atas untuk ngangkut Bodhi yang masih bobok pulas di kamar). Kalau dibayangin, mungkin seperti ini ya cuaca di Forks, setting cerita di twilight, yang jarang ada matahari yang semuanya terasa lembab. Haiiyaaaa untung ga ada vampir, yang ganteng sekalipun tetep aja vampir!!!

Dingin-dingin gini kepengennya makan dan minum yang anget-anget yaaaa. Apalagi Bodhi kena pilek sejak 3 hari yang lalu. Tapi syukurnya dia nggak rewel, tetap cerah ceria dan aktif, nggak demam, cuma meler aja hidungnya. Eh ya kalo lagi inget, pas idungnya meler dia minta tissue loh dan dengan gaya orang gede ngusap-usap hidungnya, lumayan bersih ngelapnya dan ngebantu mama banged. Makasiiii teng cu Bodhi.... :)

Naaaah hari ini mama pengen bikin sup tomat kental. Untuk anak mama yang lagi pilek...Tapiii ngeliat ada wortel jadi kepikir ditambahin wortel trus diikutin event mamakokihandal bulan September ini, hihihi. Ikut lagiii??? iya niiih, doyan... :D Udah kebayang kan gimana rasanya menikmati sup hangat di hari yang dingin?? Nah begini jalan cerita resepnya....

Bahan:
- 3 buah tomat segar ukuran sedang.
- 25gr (3 sdm) wortel parut.
- 1 sdt bawang bombay cincang.
- 1 siung bawang putih cincang halus.
- 2 sdm makaroni / 20 batang spaghetti.
- 50 ml susu UHT / air (jumlahnya sesuai dengan kekentalan yang diinginkan)
- garam, merica, lada bubuk secukupnya
- 1 sdt irisan daun seledri

Cara membuat:
- Rebus tomat, kupas kulitnya, buang bijinya. Sisihkan.
- Rebus spaghetti/makaroni, setelah matang sisihkan.
- Tumis bawang bombay.
- Campur tomat, spaghetti/makaroni, wortel, bawang putih, bawang bombay lalu di blender.
- Siapkan wajan/panci, lalu masukkan campuran tomat tadi, masak sambil ditambahkan susu UHT/air sedikit demi sedikit. Tambahkan juga garam, merica dan lada bubuk.
- Masak sampai matang dan kental.

Saran penyajian: Sajikan bersama taburan keju cheddar parut dan irisan seledri. Bisa juga dimakan sebagai cocolan roti panggang. Seperti Bodhi berikut ini..... :)

Begini bentuknya....


Begini proses menghabiskannya. Awalnya si roti panggang mickey cuma untuk garnish, tapi Bodhi ada ide lain, dia ambil sisa roti panggang yang tidak terpakai lalu dia olesi dengan sup ini, kadang juga dicelup-celup. Hmmm dia doyan banget, secara mamanya juga dipaksa makan dengan nyodor-nyodorin ke mulut mama sambil ngomong 'enak....enak....' hahahah kalo yang ini pasti niru gaya mama kalo ngerayu Bodhi makan.


Dan...tahu tidak...tahu tidak....makanan ini tidak hanya berefek mengenyangkan, tapi memberi efek ekstasi....rasa gembira yang tidak terkira ha...ha...ha...ha...

1 comment:

Itha said...

hwaaa... mb. ayu tnyata di Dps jg ya
aku nemu blog ini dr milis MPASI Rumahan
duhh, senengnya ktemu org Dps yg support ASI & MPASI Rumahan
Oiaa.. slm kenal, aku Itha - Ibu nya Atha ^_^