Friday, September 18, 2009

Cerita Tentang Nama

Belum pernah cerita soal namanya Bodhi kaya'nya, makanya sekarang mau cerita, berhubung pas juga baru-baru ini ada yang nanya (hi Bunda Anya...) dan habis baca bukunya Dewi-dee-Lestari yang judulnya Perahu Kertas (uh buku yang bagus, ntar niatnya mo cerita soal buku itu juga di blog yang satu lagi).

Diriku kan lama nih menunggu sampe punya si Bodhi (5 tahun bo....), tapi udah sering kemimpi-mimpi kalo punya anak cewek namanya siapa...kalo anak cowok namanya siapa.... (biasalah syndrom pengen punya anak). Kalo anak cewek pengen namanya Kintan yang artinya bermahkota, tapi karena si anak belum datang juga tapi malahan si toko bunga yang duluan lahir akhirnya diberikanlah nama itu untuk si toko bunga Kintan Florist. Jadi kira-kira artinya bermahkotakan bunga.... (kan toko bunga....:P). Eh ternyata ada temen yang inget soal nama Kintan ini, trus nanya pas dia tahu aku hamil "Mba Ayu, kalo nanti anak yang lahir ini cewek, jadi dikasi nama Kintan?". Hmmmm ya sudah pasti ngga lah yaaaa, biasanya kan nama anak diabadikan jadi nama toko/bisnis, bukan sebaliknya hehehehe.

Nah kalo nama Bodhi memang udah ada di kepala sejak baca supernova nya Dee, selain itu juga kalau di cerita anak-anak Buddhis, tokoh yang baik hati itu biasanya namanya Bodhi hehehe. Bodhi sendiri dalam bahasa Pali atau Sanskrit artinya suatu kondisi tercerahkan, tersadarkan. Sementara Adhitthana didapat sewaktu kami mendengarkan sebuah ceramah dharma tentang mencapai kebodhian (kalo ga salah saat itu sedang hamil 6 atau 7 bulan), dan adhitthana disebut-sebut terus, sehingga waktu itu bulat diputuskan Bodhi akan disandingkan dengan Adhittana yang berarti tekad yang kuat dan luhur. Jadi kalau digabung kurang lebih artinya "Tekad yang kuat dan luhur untuk mencapai pencerahan". Dan setelah digabung dengan nama keluarga, jadilah Adhittana Bodhi Wijaya. Nama anak kan doa orang tua, jadi kami berharap dia akan menjadi Buddha suatu saat nanti, demikian juga kami orangtuanya. Dia akan membawa pencerahan kepada siapapun yang mendengar namanya, melihat wajahnya, berdekatan dengannya.

Oh ya Bunda Anya juga nanya, nama chinesse nya Bodhi. Kalau sesuai kebiasaan di keluarga kami yang memberikan nama chinese adalah papa mertua, karena beliau ngerti prosedurnya dan nggak semua orang chinesse ngerti masalah penamaan begini. Oleh yeye nya, Bodhi diberi nama Huang Ping Hung yang artinya anak lelaki keluarga Huang yang senantiasa cemerlang. Huang itu marga keluarga nya papa Bodhi. Cocok juga yah, yang cemerlang yang mencerahkan.... Mungkin yeye memang ngasi nama sesuai nama latin yang kami pilih. Trus udah ditulisin juga tulisan cina nya, pengennya nanti dilukis seperti seni kaligrafi gitu deh, dan rencananya mama Bodhi yang akan menulisnya.... hehehehe Mama Bodhi pernah belajar nulis mandarin kok tapi duluuuuu pas kuliah dan mudah-mudahan masih inget hihihi

Nah setelah baca perahu kertas malah jadi dapet ide untuk nama adiknya Bodhi hihihi. Nah, siapakah namanya???? Masih rahasiaaaaa, tunggu dedenya Bodhi lahir...sekarang sih masih dibikin dulu dedenya hahahaha

No comments: