Monday, July 6, 2009

Kue Kering Kesemek

Ini adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban karena mengangkat soal kesemek di milis hahaha. Penasaran banget dengan rasa si kesemek, apalagi setelah tahu ternyata kandungan gizinya OK banget. Diantaranya:
"Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Setiap 100 g kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 g, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg, dan asam askorbat 20 mg. Bandingakn dengan jeruk yang hanya zat aktif retinol 57 mcg/100 g-nya. Kesemek kaya akan serat, kandungannya dua kali lebih banyak dari apel, karena itu cocok dikonsumsi bagi yang menjalani program penurunan berat badan. Asyik juga dipakai untuk mencegah konstipasi (tapi jangan kebanyakan yak, ntar malah diare hihihih). Khasiat lainnya sebagai antioksidan, mencegah prematur aging dan menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang batas. Asyik kan ibu2, makan kesemek bisa langsing dan awet muda !"
Nyari-nyari di supermarket trus terpilihlah 3 buah kesemek beruntung :P yang dipilih berdasarkan kematangannya, 1 bh yang matang sekali, 1 bh yang mengkal dan 1 bh yang mentah.
Hmmm bingung juga mo diapain, walaupun sebenarnya katanya dimakan langsung udah enak dan lebih bergizi tentunya. Hmmm tapi menurut saya terlalu wangi :P akhirnya si matang sekali dikerok isinya dan dijadikan filling pancake. Dan yang si mengkal yang kemudian akhirnya menjadi matang juga, kemarin jadi kue kering kesemek. Campurannya ngasal banget, makanya gak tahu ini termasuk sukses atau nggak. hehehe
Bahannya:
- 1 buah kesemek matang kerok isinya
- 1 buah kuning telur
- tepung arrowroot
- 1 sdt olive oil/butter cair/margarin cair
- keju cheddar parut (optional), saya mikirnya, kalo kue nya nanti nggak enak minimal ada kejunya yang pasti bisa saya makan :D

Caranya:
1. kocong kuning telur pake whisk aja, trus campur olive oil dan buah kesemeknya
2. masukkan tepung arrowroot sedikit-demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk atau cukup solid. Saya sih plus dimasukin kulkas kurleb 10 menitan.
3. Sendok adonan satu sendok makan dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega dan ditaburi sedikit tepung supaya nggak lengket. Taburi keju.
4. panaskan oven suhu 190C selama 10 menit, masukkan kue nya. Nah dipanggangnya ini yang ngak tahu pasti waktunya, pokoknya di test aja kalo udah kriuk berarti udah cukup. Untung aja sekalian ngopen makanan lain jadi gak rugi listrik secara rada lama juga manggangnya, mungkin terlalu lembek adonan yang saya buat. (lupa moto in adonan sebelum dipanggang, soalnya bikinnya malem-malem dan sekalian nyiapin makan malam).

Nah hasilnya rapuh di luar dan di dalemnya berserat seperti nastar itu, dan rasanya manis banget euy. Seperti ada aroma madunya. Trus mungkin karena banyak kadar gulanya, si kesemek sampe jadi karamel gitu hehehe. Saya sih lumayan puas dengan hasilnya, dan Bodhi juga seneng nyemilnya, walaupun nggak banyak-banyak. Sekali makan habis satu aja, mungkin terlalu manis. Hmmm atau mungkin memang nggak suka?? hahahaha
Nah kalo ada yang berpengalaman bikin kukis dan kebetulan nyasar baca ini, tolong dikoreksi ya kalo ada yang salah atau kurang dari proses dan bahannya. Walaupun cukup puas, kok rasanya masih ada yang kuraaang gitu, tapi gak tahu apa hehehe.

update: baru aja saya makan lagi yang lebih tipis kue nya, eh garing banget lho dan caramelized cieee bener gak tuh nulisnya. Jadi kuncinya ternyata di tebal tipisnya adonan yang dicetak.
Jadi saya puaslah sekarang dengan hasilnya, kriuk kriuk gituh.

Di gambar bawah keliatan ada yang coklat tua nongol?? Itu kesemek yang jadi karamel.


nah yang di bawah ini, bagian dalemnya si kuker kesemek, mirip nastar jadinya.

No comments: