Wednesday, June 6, 2012

(Inginnya) Berbagi

Saya pernah bilang, kalau saya ingin belajar menulis yang lebih baik dan teratur dalam artian mudah dipahami oleh yang membaca. Untuk itu saya mencoba mengirim tulisan-tulisan ke media online yang wilayah edarnya adalah para orang tua. Yaaa pengen sih kirim jurnal ilmiah penemuan obat anti AIDS tapi ya sanggupnya baru ngoprek resep, itupun yang gampang-gampang, jadi baru coba-coba kirim resep hasil ujicoba dan sedikit modifikasi dan juga tulisan tentang pengalaman-pengalaman saya sejak menjadi orang tua. Kenapa saya kirimkan ke media online, karena pertama mereka pasti punya editor yang akan membaca naskah saya, membenahinya, sebelum dianggap layak tayang. Kedua,  pembacanya lebih banyak dibanding blog saya ini. Bukan untuk cari fans, halah nggak banget! Tapi ingin supaya lebih banyak yang membaca, kalau halnya resep inginnya banyak yang mencoba. Lebih senang lagi kalau sudah dibaca kemudian mereka mau berbagi cerita tentang hasil masakannya yang dibuat berdasarkan oprekan resep saya. Kalau ternyata ada yang bilang enak, priceless ternyata rasanya :) Melebihi perasaan dibayar dengan uang tunai. Kalau mungkin ada yang bilang ada kekurangan, tentu inginnya diberi tahu  kurangnya dimana, dikritik yang membangun gitu.
Nah setelah dulu saya pernah mengirimkan resep ke majalah mother and baby Indonesia, dan dimuat di edisi ulang tahunnya. Sekarang saya coba-coba lagi mengirimkan resep hasil sedikit utak-atik dari resep umum yang sudah ada. Trus, dimuat di the urban mama. Trus ada mama yang bilang kalau dia sudah mencoba dan katanya rasanya enak. Trus ada juga yang bilang akan mencoba dan sudah membantu mereka memberi alternatif lain mengolah nasi sisa semalam selain menjadi nasi goreng. Dan perasaan bahwa apa yang sudah kita lakukan ternyata berguna bagi orang lain itu, lagi-lagi priceless!
Jadi setidaknya tujuan saya sudah mulai ada yang tercapai. Ingin berbagi dengan lebih banyak orang. Karena bagi saya ini semacam 'usaha balas budi'. Saya sudah dapet banyaaak sekali dari internet, dari orang-orang yang sudah sukarela bersusah payah membagikan pengetahuan mereka. Merelakan waktunya, memberikan tenaganya, membagikan buah pikirannya melalui internet. Saya ingin seperti mereka, walaupun mungkin nantinya hanya hal kecil yang bisa saya lakukan. Saya ingin membahagiakan diri saya sendiri melalui hal-hal kecil yang bisa saya lakukan, walaupun mungkin bagi orang lain nampak remeh. Bukan masalah buat saya sih anggapan begitu, sepanjang saya happy  dan tidak merugikan orang lain :) Eh kalau ternyata ada yang merasa saya rugikan, let me know yaaaa :)

No comments: