Monday, March 15, 2010

2P

Ingin mencatat pencapaian Bodhi kali ini. Soal 2p, pee and pup :) Setelah melewati perjuangan yang melelahkan *lebay* akhirnya Bodhi mau ngomong kalo mau pup atau pee. Bahkan kadang langsung ngeloyor ke kamar mandi, walaupun kadang-kadang ada yang udah gak tahan lah, kejadian deh bukan di tempat semestinya, alias bukan di kamar mandi. Tapi nggak apa, namanya proses ya...
Lumayan juga sih usahanya untuk membiasakan dia ngomong kalau mau pee atau pup. Tapi sejauh ini cuma sebatas kasi pengertian terus-menerus, setiap kali dia pipis atau pup di celana, mama dan papa selalu bilang, "lain kali bilang dulu ya kalau mau pipis atau pup....". Ngertinya juga bertahap sih, dari yang diem aja, berlanjut menjadi ngomong tapi setelah pipis atau pup. Kemudian sekarang lumayaaaaan bisa ngomong sebelum pee atau pup.
Tapi, sebenarnya ada satu kejadian yang agak 'keras' sih yang memicu Bodhi mau ngomong dulu sebelum 2p. Ceritanya, suatu siang mama sudah capek dan ngantuk, tapi Bodhi masih aktif banget dan ga mau bobok siang. Mama biarin main sendiri, sambil nyuri-nyuri tidur. Sampai kemudian mama kaget karena Bodhi ngomong, 'mama bodhi pipis..." OK, mama nggak masalah, tapiiii yang jadi masalah kemudian adalah Bodhi mainin pipisnya *hiks*, dikosek-kosek pake kakinya. Trus marahlah mama, mama bilang "Bodhi jangan mainin pipis ya!!! Diam disana, jalan jalan-jalan nanti kepleset." Eeeehhh dia malah jalan, dan bener aja kepleset. Nangis deh jadinya. Waaaah mama yang lagi ngantuk banget dan cape, jadi darah tinggi karena Bodhi nggak nurut. Akhirnya mama cubit telapak kakinya, huhuhu menyesal sih, tapi waktu itu capeeeek banget rasanya. Yah no excuse sebenarnya ya, tapi maaf nak...mama masih mesti belajar banyak menahan sabar di saat capek :( kalo gak capek sih gak masalah. Duh lagi-lagi nyari alasan ya. Nah lanjut ceritanya, sehabis mama marahin itu, Bodhi masih nangis tersedu-sedu dan minta dipeluk. Tapi mama nggak mau peluk. Karena saat itu mama pikir, pokoknya sekarang harus bener-bener tegas. Mama minta Bodhi berdiri di dekat tembok, sambil mama nanya "Bodhi tahu nggak salahnya apa?" Tentu aja Bodhi ngga jawab dan masih nangis, tapi mama yakin Bodhi seharusnya ngerti maksud mama. Sambil mama ngomongin terus kalo "Bodhi itu sudah nggak nurut mama. Mama bukan masalah dengan Bodhi terlambat bilang pipis, tapi mama mempermasalahkan kenapa Bodhi mainan pipisnya dan akhirnya jadi kepleset. Kalau Bodhi sakit, mama juga ikutan sakit karena mama sayang Bodhi." Hmmm kedengeran kata-kata untuk orang dewasa ya, tapi bener mama ngomong seperti itu. Mama ngomong dengan nada yang ditekankan dan bener-bener supaya jelas di dengar. Nggak tahu deh waktu itu mama nggak mikir kalo Bodhi itu masih batita, tapi mama pokoknya pengen masalah ini selesai saat ini juga. Jadi cuma itu bahasa dan pilihan kata-kata yang mama bisa. Selain itu juga kan katanya, jangan menganggap remeh anak, sebenarnya mereka punya logika dan bisa mengerti juga. Jadi yah begitu lah harapan mama waktu itu. Mama salah ya?
Sehabis dinasehatin, dengan masih sesenggukan Bodhi tetep minta dipeluk mama. Karena mama juga sudah selesai mencurahkan uneg-uneg mama dan mama juga sudah cooling down, mama peluk Bodhi, sambil bilang "mama bukan nggak sayang Bodhi, tapi mama tidak suka dengan perbuatan Bodhi". Habis dipeluk, Bodhi minta ditemenin bobok dan akhirnya tidur siang juga jadinya.
Nah habis kejadian itu, sorenya Bodhi telat ngomong lagi, tapi saat itu dia udah nggak berani bergerak, dia bilang "mama....". Trus mama bilang, "oh Bodhi pipis ya??" Sepertinya dia masih inget kejadian dimarahin tadi siang, trus dia jawab..."nggak ada pipis....nggak ada pipis....". Duh jadi merasa berdosa. Karena mama nggak mau dia makin trauma, akhirnya mama bilang "Nggak apa-apa kalau Bodhi pipis, mama nggak marah, tapi lain kali ingat ya bilang kalo mau pipis atau eek". Pas diganti celananya, dia sambil peluk-peluk mama gitu. Mungkin minta maaf ya.
nah mulai besoknya, baru deh dia ngomong sebelum pee atau pup. Walaupun ada kalanya setelah bilang dia udah nggak tahan, tapi mama senang sekali dan menghargai banget usaha Bodhi untuk ngomong. Sekarang udah makin lumayan, walaupun kalo jalan-jalan gitu masih dipakein diapers, soalnya kan kadang perlu jalan agak jauh ke toilet, atau kalo di mobil kan susah juga mau berenti-berenti. Tapi dia selalu ngomong sekedar kasi tahu, jadi mama tahu kalau harus ganti diapers.
Mungkin cara mama salah ya, tapi mudah-mudahan Bodhi ngerti bahwa mama marah bukan karena benci.

No comments: