Sunday, January 17, 2010

Ada apa minggu ini?

Ada apa ya dengan Bodhi minggu ini? Ada-ada aja sih.... :D
Ada yang bikin mama ketawa ngakak-ngakak, ada yang bikin mama senyum-senyum, ada juga yang bikin mama ngomel-ngomel.
Yang bikin ngomel, kalo disuruh bobok udah mulai susah (kecuali dia memang udah ngantuk, bakalan minta bobok sendiri atau malah udah ketiduran, tapi ini jarang banget).
Nah, kalo diajakin bobok selalu ada dialog ini:
Mama (M): Bodhi, bobok yoook....
Bodhi (B): Ngga mau bobok yoook....
M: Bobok laaaah....
B: Ngga mau bobok laaah....
M: Bobok dooooong
B: Ngga mau bobok dong...
M: mmmm (bingung apa lagi ya). Akhirnya Bobok cruuut..... (eh malah ngakak-ngakak dianya)
Nakalnyaaaaa!!!
Apalagi kalo kemudian dipaksa tidur, nangis hwaaaa hwaaaaa (ih sebel dengernya). Berusaha dibiarin aja nangis sampe capek, tapi pegel dengernya juga. Akhirnya kena omel deh. Tapi habis itu biasanya tidur. Walaupun kadang ada juga sih, dia nurut tapi minta di sayang-sayang dulu, dipijat kakinya, diusap-usap punggungnya, enaknyaaaa jadi Bodhi yaaaaa....
Oh ya dialog diatas, biasanya masih berlanjut lagi dan biasanya makin ngawur kata-katanya makin senang dia, bobok ting-tong lah, bobok buuuum lagi, bobok jia-jia. Dan selalu dia jawab, ngga mau bobok ting-tong, ngga mau bobok buuuum...dst. Akhirnya mama jadiin alat buat ngetes Bodhi ajah, semua kata - bahkan yang aneh dan ga ada artinya sekalipun -yang penting berawalan dari a - z mama keluarin, biar ditiru Bodhi jadi mama tahu Bodhi cadel di huruf apa sih hehehe. Belum nemu sih secara pasti cadelnya huruf apa, secara hampir semua bisa jelas kedengeran, tapi memang test nya belum akurat sih, secara juga mama kan belum pasti juga semua huruf udah disebut belum hehehe.
Nah kalo kemampuan motorik mencoret-coret, ada yang bikin mama kaget dan haaaaaa menganga lebar (sedikit lebay sih ini :P). Kalo soal coret-coret dia sudah tertarik dari lama, tapi lupa pastinya kapan, karena setiap kita pegang alat tulis dia sibuk ikutan juga. Kalo ketemu kertas dia juga akan minta alat tulis. Awal-awal sih semua judul lukisannya adalah "benang kusut". Pegang alat tulis juga sampe sekarang belum sempurna, walaupun mama sudah ada yang ngocehin (siapa orangnya, pokoknya ada deh.... Orangnya nggak pernah ngeliat yang bagus dan benar di diri Bodhi, pokoknya Bodhi salah dan jelek dibanding anak dia), diajarin dong megang yang bener, kalo anakku si ini dari umur segini udah bisa megang pensil dengan benar!!! Aaaah mama sih bodo amat, biarkan dia berkembang apa adanya, emangnya dulu einstein dari umur berapa sih udah bisa megang pensil dengan bener, kekekeke (saya juga ga tahu sih :P ). Tapi ini bukan masalah memegang pensil, tapi masalah imajinasi. Bodhi akan gambar ngurek-ngurek ngga jelas dan bilang kalo itu mobil, pesawat, atau apapun yang ada di imajinasi dia. Dan saya tetap bangga akan itu!!! . Biasanya juga dia akan suruh mama atau papa nya untuk menggambar, dan dia akan terkekeh-kekeh senang kalo sesuai yang dia mau, biarpun gambar pesawat mama kadang mirip capung, tapi rasanya mama sudah jadi maestro yang dibayar tawa bahagia Bodhi :) Nah beberapa hari yang lalu, dia minta digambarin pesawat roket, aduh mama bingung tapi untung ada mainan pesawat dia yang memang berbentuk pesawat ulang-alik. Jadilah itu dijadikan model, hasilnya sangat memuaskan karena Bodhi teriak "yeeeee pesawat rocket!!!" Tapi gara-gara mama gambar pake model, dia minta digambarin boneka mickety mouse nya, aduh-aduh kok ngelunjak seeeh heheheh. Akhirnya jadi juga mickey mouse yang tangannya gede sebelah kekekeke. Trus untungnya habis itu dia mau gambar sendiri jadi mama bisa lanjut masak. Naaaah selagi mama masak Bodhi teriak "yeeeee mama...stinky shoes!!!" sambil mendengus-dengus hidungnya. "mana...mana..." tanya mama. Doeeeeng.....ternyata ini yang dia gambar.
yang pertama dia gambar adalah yang sebelah kanan, dan yang di sebelah kiri yang mirip sepatu boot adalah yang benar-benar Bodhi tunjukkan ke mama cara menggambarnya. Mama ngga tahu sih, awalnya memang dia niat gambar sepatu, atau dia gambar asal tapi setelah jadi dia jadi inget "stinky shoes" nya goofy temen si mickey mouse. Tapi di depan dia memang lagi ada sepatu sih, mungkin dia ikut-ikutan menggambar model??? Heeee ngga tahu deh.

Kadang-kadang ada juga yang dia nyontek gambar mama/papa. Contoh nya bee dan mickey ini. Walaupun nggak sama dengan gambar yang di contek, tapi hmmmm sebenarnya mama mengakui ada bagian yang mirip dengan contekannya hehehe. Maksa kali ya mamanya, ah biarin deh.


Hayooo tebak yang mana bee gambarnya Bodhi?














Kalo yang ini katanya miky mooss
















Dari aktifitas coret mencoret ini mama melihat satu hal, pada umumnya anak kecil lebih mudah merasa bahagia dibanding orang dewasa, bahkan oleh hal yang paling sederhana sekalipun!! Mungkin ini karena anak kecil belum terikat pada sebuah bentuk atau ukuran kebahagiaan. Jika dia anggap gambar itu pesawat ya itu adalah pesawat, dan dia bahagia karena itu. Dan anak kecil juga belum terikat ukuran seberapa besar, seberapa banyak dan seberapa sering untuk menjadi bahagia. Ya karena anak kecil itu merasa cukup. Saat merasa cukup maka bahagia pasti datang tanpa dipaksa dan diundang. Pernah nggak ngerasa seperti itu?


Cerita penutupnya adalah, kemarin Bodhi diajak mama papa ke Gramedia Bali Galleria. Kebetulan ada temu pengarang, tahu ngga siapaaa???Pak Gde Prama, pengarang favorite papa dan mama, jadi hampir semua buku nya mama punya. Dan kemarin itu Pak Gde launching buku barunya yang judulnya "Bali Shanti". Dan seperti biasa ada kesempatan tanya jawab dan bagi-bagi tanda-tangan untuk yang beli bukunya. Pas kesempatan book signing, papa mama dan Bodhi ikut maju ke depan, kalo mama niatnya mau motret Pak Gde, kalo papa minta tanda-tangannya, kalo Bodhi ya mau gak mau ngikut. Pas papa udah dapet tanda tangan, sementara masih ada pembeli lain yang antri, Pak Gde ngeliat Bodhi trus nanya, "itu anaknya?" Papa jawab, "Iya". "Sini....mau nggak salaman dengan Pak Gde?" tanya Pak Gde. Eh si Bodhi mau sodorin tangannya (padahal dia nggak selalu mau berkenalan dengan orang baru). Trus ditanya "namanya siapa?" tapi yang ini dijawabin papa, karena Bodhi malu-malu gitu sambil senyum tersipu. Trus pak Gde dan moderator nya langsung berbarengan...."waaaaw Bodhi!!!"

Nah trus papa nawarin mama foto bareng sama Pak Gde, tapi mama malu dan menolak hehehe , nggak pede gitu difoto-foto depan umum. Lagian dulu udah pernah foto juga kok, udah dibingkai dan dipajang segala, hahahaha noraknyaaaa.

Hmmmm soal foto Bodhi dengan Pak Gde sih sebenarnya mungkin biasa-biasa aja yah, tapi nggak tahu tuh mama seneng banget secara mama kagum gitu sama pak Gde. Masih ada beberapa pengarang yang mama belum ketemu, salah duanya Dewi Lestari dan Liz Gilbert. Kalo sama Dewi Lestari, kaya'nya kudu deh, soalnya selain Bodhi senang lagu "Malaikat Juga Tahu", nama Bodhi kan terinspirasi dari nama tokoh supernova juga :) Kalo sama Liz Gilbert, mama sih yang mau foto2 hehe, sekalian nanya-nanya soal pengalaman dia mencari pencerahan di India. Kapan ya terwujud???? yah nanti mama contact Julia Robert deh, mana tahu dia bisa ngatur waktu untuk ketemuan di pasar Ubud kekekekeke

2 comments:

Anonymous said...

gambarnya Bodhi bagus kok mba, kan baru belajar, masa iya langsung gambar monalisa hahahhahahaha :)

Luh Ayu said...

mama nya ngga masalah sebenarnya dia gambar apa, atau bagus apa jelek, buktinya di pajang di blog dengan bangganya kekeke