Wednesday, November 4, 2009

Mumet Menu

Udah lama juga ya nggak update blog. Sebenarnya banyak yang pengen diceritain, tapi selalu yang ada males begitu buka laptop. Mungkin karena lagi mumet. Mumet ngatur menu sehat. Padahal katanya kalo mau sehat itu mudah ya, karena justru lebih simple daripada makan enak tapi bikin sakit. Coba aja bandingin bikin tiramisu sama salad sayuran, lebih gampang mana? Tapiiii kok ya rasanya lebih berat ya??? Tapi itu duluuuu di awal-awal, setelah iklas dan pasrah menerima keadaan, jadinya lebih ringan dan nggak beban lagi.

Sebenarnya ada rasa bersalah, kok masak buat Bodhi rela-rela aja tuh homemade selalu. Tapi kalo buat diri sendiri dan papa Bodhi, kalo lagi males mendingan beli aja deeeeeh. Lebih gampang, cepet walaupun jadinya lebih mahal. Tapi kalo buat anak, dibela-belain. Nah akhirnya papa Bodhi sakit di pencernaan alias kena Gartritis plus ada GERD yang bikin sesak napas, heartburn, pusing kepala dan perasaan nggak nyaman lainnya. Tapi mama nggak mau sepenuhnya disalahin lho, karena kalo memang pola makan kita sama mestinya papa nggak perlu sakit di pencernaan begitu kan? Tapiiii papa suka deh makan kerupuk, sambal botol, telat makan trus pas ada kesempatan makan langsung balas dendam. Plus kalo makan pempek, cuko nya diminum, iiiih susah deh ngebilanginnya. Belum lagi kalo kalo pengen nyemil bukannya nyemil buah yang udah ada di meja makan, tapi mendingan beli ice cream, roti, cake. Ya jadi gak heran ya kalo akhirnya sakit, dan mama ngerasa nyesel banget karena nggak sedikit memaksa papa untuk lebih mengatur pola makan. Akhirnya yang susah kita semua. Kasian deh papa.
Hmmm kalo mama selain perasaan sering kaya' roller coaster kalo pas serangan GERD papa kambuh, mama juga jadi bingung untuk bikin masakannya. Banyak yang nggak bolehnya sekarang, trus papa juga di detox yang berarti makin banyak lagi makanan yang mesti dijaga, kalau bisa organik, belum lagi remedy yang harus diminum papa untuk liver detox, kidney detox, dll. Soale papa divonis obese juga, jadi mesti diet karbohidrat. Nggak boleh wheat (bye bye roti), nasinya mesti beras hitam minimal brown rice, kentang juga no. Keju, no!! Walaaaaah banyakan no nya. Yang OK itu sayur, buah, beberapa jenis kacang (ada primbon nya yang dibekelin ke mama oleh theraphis nya). Sayur dan buah pun ada beberapa yang nggak boleh, misalnya tomat, jagung (eh ini karbo ya). Trus ngejus nya juga gaya deh si papa, jus cranberry. Trus kudu makan flaxseed karena papa kekurangan lemak esensial omega 3 (ehm mama juga sih hehehe). Dan jadinya sekarang kita serumah kalo makan atau ngejus tambah flaxseed yang udah di grinder. Pokoknya satu sendok makan sehari. Ngemilnya sebaiknya buah, selama ini seringnya pisang, apel, plum kering. Pokoknya buanyaaak deh, tapi hikmahnya nambah ilmu nutrisi sih. Mudah-mudahan nggak bermanfaat buat keluarga kita aja, suatu saat kalo ada temen atau kerabat yang perlu, kita bisa bantu.
Sebenarnya mama ngerasa beruntung, pas papa mulai sakit sebulan lalu, pertolongan begitu banyak datang. Sampe theraphyst detox ini menawarkan diskon dan bayar boleh dicicil kapanpun. Trus sejak awal sakit diduganya pre diabet. Tuh gimana mama nggak ngerasa gagal coba??? Mengajak orang makan sehat tapi suami kok prediabet. Tapiiii papa bukan Bodhi yaaaa yang mama bisa paksakan menunya, papa kan udah gede yaaa hehehe. Nah bantuan informasi banyak banget dari temen dan saudara yang dokter. Dan bukan dokter di Bali yang mendiagnosa kalo papa kena garthritis, tapi oleh kakak ipar yang di bangka yang kebetulan dokter. Di telpon dia tanya gimana symptoms nya, dan dia pantau terus. Akhirnya dia suruh untuk USG dan endoskopi dan hasilnya positive garthritis (dari hasil endoskopi ada radang di lambung, dari hasil biopsi ada bakteri penyebab 'maag' dan dari hasil USG keliatan gas berlebihan dan fatty liver).
Tapi ya begitulah, sebagai manusia yang harus selalu bersyukur, mama bersyukur semuanya cepat ketahuan jadi bisa diambil tindakan sesegera mungkin, seperti detox dan pengaturan menu ini. Karena dari baca-baca di kaskus juga dari pengalaman teman-teman, penderita garthritis dan GERD ini kebanyakan tergantung obat-obat an. Trus juga obat kimia gitu kan hanya menyembuhkan gejala, jadi sifatnya sementara. Mesti dicari sumber masalahnya, diberesin, dengan harapan nggak kambuh di kemudian hari dan selanjutnya badan juga lebih sehat dari sebelumnya. Tapi papa, hanya 2 minggu perlu obat dokter yang harganya ampun-ampunan. Sekedar info aja, untuk semua biaya check up dan obat sudah menghabiskan dana liburan akhir tahun yang pengennya ngajak bodhi jalan-jalan ke singapore huhuhuhu. Tapi nggak apa deh, yang penting papa sembuh dan rumah kembali ceria :)
kembali ke soal menu, belakangan ini mama udah mulai terbiasa dengan aturan menu papa. Dan juga mama udah nggak ngomel-ngomel lagi. Awal-awalnya mama keseeeel (sebenarnya jahat juga ya suami sakit kok kesel). Tapi keselnya karena sayang. Kesel kenapa nggak nurut kalo mama nasehatin ngurangin makanan yang nggak sehat itu. Tapi akhirnya mama dapet keiklasan, bahwa apapun yang terjadi pada salah satu dari kami terkait dengan karma kami juga, kalo nggak mana mungkin kami bertemu sebagai suami istri untuk menanggung bahagia dan susah bersama? Begitu keiklasan itu dapet, semua jadi ringan.
Nah sekarang sudah mulai berkreasi lagi dengan menu-menu untuk Bodhi juga sekaligus menu papa, supaya lebih enak dimakan tapi tetep sehat dan nggak menyalahi aturan. Dan tambah seneng karena tadi dikasi tahu Ana Winda, kalo resep Carota Lasagna nya dapet juara 3 yang berarti dapet satu paket kue kering dari Jasmine Catering. Lumayaaaan buat nambah-nambah cemilan hehehe. Trus kemarin udah nyoba Sarikaya Pisang Kepok (karena di rumah banyak pisang kepok untuk papa), dan masih hutang foto sama Ana Winda. kalau resep, Ana udah dapet ya dari web NCC. Trus masih ada hutang sama Depe, untuk ngerapiin blog nya mama koki handal. Ditunggu yaaaa dan terima kasih untuk kesabarannya.
Semoga setelah ini mama tetap bersemangat, papa makin cepat recoverynya, dan kami sekeluarga selalu sehat. Semoga semua mahluk berbahagia.

No comments: