Thursday, October 16, 2008

Kesabaran

Ketika kita memohon diberikan kesabaran apa yang diberikan pada kita? Peristiwa sebagai kesempatan melatih kesabaran!!
Mungkin aku bukan mama yang sabaran ya. Khususnya paling nggak sabar kalo anakku udah mulai susah makan. Juga paling ga tahan untuk ga sebel kalo dia mulai masukin benda-benda yang semestinya nggak boleh masuk ke mulut. Memang sih tahu kalo ini namanya fase oral, cara baby untuk mengexplorasi, tapi teteeep ga bisa nahan kesel kalo Bodhi udah mulai masukin benda-benda ke mulut. Kotor kan Nak.... Mungkin karena rasa sayang jadi bikin kesel itu makin bertambah ya. Karena aku takut dia sakit, karena aku takut itu berbahaya buat dirinya.
Bodhi nggak pake playpen, jadi dia bebas bermain di dalam rumah. Maksudku supaya dia bebas belajar merangkak dan nantinya bebas berjalan kemanapun dia mau. Walaupun tugas utamaku adalah untuk mengawasi Bodhi tapi tetap ada saat-saat aku perlu mengerjakan hal-hal lain yang kadang Bodhi sedikit luput dari pengawasan. Nah saat itu deh, meleng dikit aja kalau dia pas menemukan hal baru bisa dicobain ke mulutnya (duh kapan ya fase ini berlalu). Alhasil aku jadi kaget. Selanjutnya kan mesti ngasti tahu dia kalo itu nggak boleh masuk mulut. Nah kalau aku lagi nggak capek masih bisa tuh ngomongnya lemah lembut tapi kalau sedang capek kadang nggak terasa jadi ngebentak. Aku bingung sebenarnya baik nggak ya sesekali ngebentak seperti itu. Takutnya kalo terlalu sering dilembutin anaknya jadi mikir mama bisa dimanfaatin nih. Tapi ya ya aku tahu, yang penting itu tegas tapi tetap harus lembut. Fiuuuh sepertinya teorinya mudah, tapi prakteknya susah banget buat aku. Terkadang sehabis ngebentak gitu aku ngerasa sebagai mama yang jahat. Hiks.
Selain selalu ingin tahu dan nyobain hal-hal baru atau kalau dia melihat kita melakukan sesuatu Bodhi pasti pengen juga ngelakuinnya, Bodhi juga aktif bergerak kesana kemari. Dia bisa cukup anteng kalau nonton Mickey Mouse Club House, tapi aku ga mau biasain dia nonton TV. Takut nyandu. Memang sih anteng tapi takutnya jadi asosial nantinya karena ketergantungan TV. Tapi konsekwensinya, harus selalu kreatif kasi mainan dan aktivitas baru buat Bodhi. Nah kembali deh, kalo lagi ga capek itu bukan masalah. Terkadang saking cepatnya merangkak, aku nggak terkejar. Karena kan dari posisi duduk untuk kita bangun itu kadang rada lambat yah, apalagi kalo berkali-kali, cape booo. Lalu angkat badannya yang aduhai beratnya itu hehehe (tapi daripada anakku kurus aku rela deh kalo malam kadang tangan pegel-pegel). Nah kalo udah seperti itu pengen deh rasanya mengurung dia di playpen, tapi apa daya playpen ga punya hahaha.
Aku ngga mau jadi orang yang nggak bersyukur, karena dibanding banyak mama yang lain aku sangat banyak diberi kemudahan. Suamiku kerja di rumah, jadi kadang kalo dia nggak terlalu sibuk dan nggak mesti keluar kantor untuk ketemu client sementara aku mesti mengerjakan pekerjaan yang urgent (misalnya ada pesanan rangkaian bunga) aku bisa titip sebentar ke papanya. Atau kalau rasanya sedang 'full' banget aku bisa bawa dia ke toko tapi ya ga lama-lama juga, ga tega masalahnya. Cukup sempat menarik nafas bentar, ya udah aku jemput lagi dia ke toko. Lalu kalau anakku aktif, mestinya aku bersyukur karena banyak anak-anak lain yang kondisi kesehatannya bikin mereka ga bisa aktif dan leluasa bergerak. Lalu aku punya asisten yang bisa diandalkan untuk urusan kerjaan rumah tangga. Walaupun asistenku datang jam 7 pagi pulang jam 5 sore dan hari minggu libur, aku sangat-sangat bersyukur ada yang membantu. Kalau nggak aku nggak sanggup ngebersihin rumah sendirian, mana paling nggak tahan deh kalo ngeliat debu nempel.
Satu hal yang sangat-sangat aku syukuri mengenai perasaanku sampai saat ini. Aku TIDAK BOSAN!!! Sebab banyak yang bertanya, termasuk suamiku sendiri yang sangat ngerti kalo aku nggak bisa diem orangnya, nggak bosen jadi ibu rumah tangga? Nggak bosen lebih sering di rumah aja setelah sebelumnya aktif kerja kantoran dari sejak belum lulus kuliah? Nggak merasa kehilangan kesempatan bergaul? Halooo jaman internet gitu loh, ga ada istilah ga gaul, malah nambah temen makin banyak sih iya, hihihihi. Lalu jadi ga aktif setelah di rumah, hai hai wong sekarang sering kehabisan tenaga kok gimana mau dibilang ga aktif :P Nggak nyesel kehilangan penghasilan tetap? Lho penghaslan tetap saya saat ini kan dari suami hahahaha. Biar papanya yang konsen kerja, kalo makin konsen ga keganggu dengan pikiran anak gue udah makan belum ya di rumah, anak gue diajak nonton sinetron nggak ya, dan bla bla bla yang lain, mudah-mudahan makin konsen juga rejekinya masuk. Amiiiin. Trus aku juga ga bengong-bengong gitu aja di rumah, otaknya masih muter kok untuk nyari penghasilan iseng-iseng yang lumayan buat beli baju, buat beli pernak-pernik.
Yah semoga saya bisa jadi ibu yang baik untuk anak saya dan istri yang baik untuk suami saya tentunya.

ps. Hari ini pas 11 bulan usia jagoanku Adhitthana Bodhi Wijaya. Selalu sehat dan makin pinter ya nak....

No comments: